Alay, lebay, kurang lebih sama saja

Wah, maksud nya apa? Maksud saya adalah kecenderungannya untuk cenderung melebih-lebih kan sesuatu, atau terlalu mendramatisir sesuatu yang tidak perlu dll. Pengertian alay itu sendiri setahu saya belum ada dalam kamus besar bahasa Indonesia. Kalau ada tolong kasih tahu saya. 🙂 Inilah hasil definisi dari alay itu dari berbagai sumber:

Alay:

1. Sikap dan sifat

Pakaian yang ngejreng, contoh: baju kuning terang dengan celana merah sepatu ijo topi ungu, kacamata oranye.

Tongkrongannya di pinggir pinggir jalan, yang cowok godain cewe yang lagi lewat, dan cewek godain cowo yang lewat (itu pun kalau ceweknya berani atau alanya sudah stadium 4)

Dandanan Emo dengerin musik Emo, ditanya sejarah Emo malah bilang yang nemuin musik emo adalah ST 12 dan Kangen Band.

Dimanapun kapanpun selalu foto-foto, baik di angkot, di toilet, di kelas, lagi naek motor, disamping mobil orang, dengan gaya foto imut yang angle nya dari samping dari atas dari bawah asal tetap jari telunjuk di bibir yang dimonyongin.

Social Networkingnya Friendster, pake foto cowo ganteng atau cewek cantik biar keliatan gaul dan menggunakan nick pRinceSs cuTeyZ, mYu luccU, kYuz cAntiexZ dan selalu bikin shoutout “j9n lUpA eTtz aquw yuGz”.

2. Tulisan

aku : akyu, aq, akko, aquwh

kamu: kamuh, kamoh, kamuwh, kamyu,qm

maaf: mu’uph,muphs,maav

sorry: cowyie, cory

add : ett, edd

for : vor, vow

lagi : agi, agy

narsis: nharciezt, nharciest

makan: mums, muumhs, mumum

lucu : luthu, lutchuw

– siapa: cppa, cp, ciuppu, cypa

– Semua tulisan diatas dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan spesial karakter.

Lebay:

Lebay adalah sebuah kata istilah yang kemunculannya dimulai sejak tahun 2006 yang berarti melebih-lebihkan diri sendiri tanpa memperdulikan tanggapan ataupun pertimbangan-pertimbangan yang ada ditengah masyarakat. Dalam arti singkatnya, Lebay bisa berarti Sombong / Egoistik / Terlalu berlebihan. Dalam berpendapat, mereka yang Lebay biasanya menanggap diri mereka yang benar dan apa yang menjadi sudut pandang ataupun pendapatnya sudah menjadi ketetapan yang sulit diubah lagi. Mereka yang Lebay, sulit untuk menerima pengakuan orang lain yang tidak dia sukai tentang dirinya. Sangat senang menerima apa yang menjadi harapannya dan menolak apa yang tidak dia sukai. (Hilman).

ALAY-LEBAY
ALAY-LEBAY

Bagaimana komentar orang-orang soal alay dan lebay?

Komentar orang-orang soal alay dan lebay bermacam-macam, berikut beberapa komentar:

  • Kepanjangan alay itu anak layangan… anak kampunglah gitu… Jadi… alay adalah anak tradisional yg mencoba menjadi modern dengan cara yg salah dan masih membawa sifat kekampungannya itu… PEACE FOR ALAY … ALAY=LEBIH SAMPAH DARI PADA SAMPAH.
  • Alay (anak layangan) itu 3 level diatas lebay. Kalau lebay itu paling hanya kalimat yang agimana gitu.
  • Kalau lebay paling cuma gini:

“Gue tadi dalam perjalanan menuju neraka, tapi gue salah belok, jadinya ke surga”

Paling cuma gitu aja. Tapi kalau ALAY?

“Aqquwh tagh bisa hiduwph tanda dirimuwh saiiangs”

ataupun dengan tulisan keriting seksi campur angka plus special karakter.

 

Apa pun itu (alay, lebay) kurang lebih sama saja. Ibarat durian montong dan durian gajah, sama-sama durian. Mau jadi alay, lebay ato apa, terserah masing-masing. Pilihan ada pada anda, tinggal anda yang tentukan. Yang penting hindari lah untuk ikut-ikutan. Kalau baik yah, alhamdulillah, kalau tidak? Itu urusan anda. Saya sendiri tidak memilih diantara keduanya (alay dan lebay). Peace! B-)

*Tulisan saya ini tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan pihak-pihak tertentu. hanya lah sebuah pandangan tentang subyek yang dimaksud. Kalau ada komentar, saran, kritik, feel free saja untuk mengisi kolom komentar dibawah ini. Atau kalau bisa, email saja via halaman contact me saya. Thanks! 🙂

2 thoughts on “Alay, Lebay, Pilihan Atau Cuma Ikut-Ikutan

  1. Pingback: Sisa 1 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *