Aplikasi Pembuka File PDF

Sepertinya kebanyakan orang menggunakan aplikasi Adobe Reader/ Acrobat sebagai aplikasi untuk membuka file pdf. Sejauh ini saya juga lebih sering menggunakan aplikasi tersebut sebagai pembuka file pdf, lebih tepatnya saya menggunakan Adobe Acrobat 9 Pro Extended.

Walaupun versi ini sudah cukup tua, tapi kelebihannya yang memungkinkan saya untuk menggabungkan beberapa file pdf menjadi 1 dengan mudah membuat saya tidak terlalu tertarik untuk menggunakan aplikasi lain. Namun, diluar dari kelebihannya itu, ada satu hal yang selalu ingin saya lakukan namun tidak memungkinkan (mungkin saya tidak tahu caranya) dalam aplikasi Acrobat 9 ini, yang adalah menghitung jumlah kata yang coba saya cari (Ctrl+F). Dan aplikasi lain yang saya gunakan ini bukanlah aplikasi yang utamanya digunakan untuk membuka file pdf. Aplikasi ini adalah google Chrome.

Membuka file pdf (yang sudah disimpan di komputer) dengan Chrome sepertinya bukan favorit, ketika anda punya aplikasi Adobe reader atau Foxit reader, yang fungsi utamanya memang sebagai pembuka file pdf. Tapi, bagi saya, yang seperti saya bilang tadi, kemudahan dalam mengetahui jumlah keyword yang ingin saya cari, dengan Chrome lebih mudah. Dan saya bisa mengetahui letaknya dengan melihat garis highlight kuning pada scroll bar dibagian kanan layar saya. Di Aplikasi Acrobat 9 Pro yang saya punya, hal ini masih tidak memungkinkan, sehingga saya kadang lupa kalau kata yang ingin saya cari itu sudah saya baca lihat sebelumnya, dan saya tidak tahu berapa banyak sampai scrollnya terulang kembali ke kata yang saya cari tersebut diposisi awal.

Google Chrome, bagi saya saat ini bukan hanya untuk browsing, atau untuk menayangkan file pdf yang baru saja didownload, tapi juga untuk membuka file pdf yang sudah tersimpan di laptop saya, dan menggunakan tool search nya (Ctrl+F) untuk mencari sekaligus mengetahu berapa banyak kata yang sama dengan kata yang keyword yang saya cari.

Sedikit banyak ini cukup membantu saat saya membaca bahan kuliah ataupun jurnal untuk bahan tesis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *