Mau mengenal otak lebih dekat? Mau tahu bagaimana cara otak menyimpan informasi? Mau tahu bagaimana memaksimalkan kinerja otak? Salah satu buku yang membahas tentang hal tersebut adalah buku Brain Rules. Sebuah buku karya John Medina, seorang pakar biologi molekuler perkembangan yang berfokus pada gen-gen yang terkait dengan perkembangan otak manusia dan genetika dari gangguan kejiwaan.

Buku ini sebenarnya sudah terbit sejak tahun 2008, namun baru masuk Indonesia beberapa bulan yang lalu. Buku ini pernah menjadi best seller New York Times. Dan karena itu lah saya juga menjadi sangat penasaran. Bukan hanya karena popularitasnya, tapi saya memang penasaran mau tahu bagaimana meningkatkan kinerja otak: di tempat kerja, di sekolah dan di rumah.

John-Medina,-Brain-Rules
John medina

Isi buku

Oh iya, buku ini berisi 12 aturan tentang otak yang semuanya dibahas satu persatu tiap bab. Aturannya sebagai berikut:

  1. Olahraga : Olahraga mendongkrak kekuatan otak.
  2. Bertahan hidup: Otak manusia juga berevolusi.
  3. Susunan: Setiap otak memiliki susunan berbeda.
  4. Perhatian: kita tidak menaruh perhatian pada hal-hal membosankan.
  5. Memori jangka pendek: Ulangi untuk mengingat.
  6. Memori jangka panjang: Ingatlah untuk mengingat.
  7. Tidur: Tidur baik, berfikir pun baik.
  8. Stres: Otak yang tertekan tidak belajar secara sama.
  9. Integrasi sensoris: Rangsanglah indra lebih banyak.
  10. Penglihatan: Penglihatan mengungguli indra-indra lain.
  11. Gender: Otak pria dan wanita berbeda.
  12. Eksplorasi: Kita adalah penjelajah yang kuat dan alami.

Secara umum, informasi yang ada dalam buku ini banyak yang baru saya ketahui. Seperti bagaimana cara otak menyimpan memori, bagaimana cara otak mengingat nya, dan bagaimana cara otak menghapus ingatannya, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Kekurangan

Ini mungkin hanya diri saya. Saya tidak terlalu mengerti secara detail apa yang dimaksudkan John Medina dalam buku ini. Pertama, karena buku ini adalah buku terjemahan. Jadi bisa saja terjadi kesalahan penerjemah dalam menyampaikan maksud dari John Medina. Kedua, banyak sekali istilah neuroscience yang kurang saya pahami. Tapi, dalam beberapa bagian, buku ini mengajak kita untuk berimajinasi.

Kata-kata seakan keluar dari halaman buku ini

-USA Today

Aturan otak terhebat

Satu aturan otak terhebat yang belum bisa dibuktikan dan didefinisikan oleh John Medina. Aturan itu adalah rasa ingin tahu! Dan kita bisa melihat nya pada diri anak kecil, yang punya rasa ingin tahu yang tinggi. John Medina selalu takjub dengan hal itu.

One thought on “Brain Rules, Sebuah Buku

  1. Pingback: KKN, Akhirnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *