Sejauh ini adalah yang terbaik menurut saya

Walaupun bukan di China, tapi perayaan tahun baru ini juga sangat meriah di Rotterdam. Dan kalau bisa saya bilang, sejauh ini adalah festival terbaik selama saya ada di Belanda. Walaupun memang ini bukan festival asli dari negeri ini.

Semua orang terlihat senang datang festival ini. Banyak makanan gratis, ada pasar Chinese, ada kegiatan “senam” bersama, ada face painting, ada petasan, ada bagi-bagi angpao dan tentu saja, ada barongsai! Semua orang antusias dengan festival ini.

Oiya, saya juga dapat angpao. Pertama kalinya saya dapat angpao langsung dari orang keturunan Tionghoa 🙂

Boneka-Barongsai

Bukan hanya orang-orang keturunan Tionghoa saja yang berpartisipasi di festival ini, orang-orang Belanda pun juga ikut, ada yang ikut memasak dan juga ikut menarik. Dan bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak juga berpartisipasi, bahkan ada yang ikut main barongsai bersama orang Tionghoa lainnya.

Saya sangat senang bisa datang ke festival ini. Yang paling membuat saya senang adalah, saya bisa mengambil gambar-gambar di festival ini, setidaknya ada 250 foto. Tidak ada orang yang keberatan, dan pedagang yang menjajakan barang yang sempat saya foto pun tidak merasa risih, dan tidak ada yang mengomel-ngomel ketika kita mengambil gambar.

Chinese-New-Year-Rotterdam-2016

Saya memang tidak banyak datang ke festival-festival yang diadakan di banyak tempat di Belanda. Karena kenyataannya tidak semuanya menarik menurut saya. Saya tidak mau lagi terpancing dengan hype festival yang banyak dipublish di media sosial. Seperti misalnya Festival of Light yang diadakan di Eindhoven beberapa bulan lalu. Kelihatannya sangat menarik melihat ulasan-ulasan dan animo orang-orang untuk melihat festival ini. Tapi nyatanya, setelah datang kesana dan berkeliling-keliling, menurut saya festival ini biasa-biasa saja. Tidak seperti digambar dan apa yang dibilang orang.

Bukan hanya festival ini, beberapa festival lain juga serupa. Kata teman saya, “biasa-biasa saja, tidak semenarik yang dibayangkan.” Nah sejak saat itu saya merasa tidak begitu tertarik untuk datang ke festival-festival yang disebut orang, atau dipromosikan lewat media sosial.

Barongsai-Chinese-New-Year-2016-Rotterdam

Saya percaya kalau tidak semua festival yang ada membosankan, pasti ada juga yang “worth it” untuk dikunjungi. Dan sampai sejauh ini, festival tahun baru ini adalah yang terbaik menurut saya.

Besok katanya ada festival cokelat di Amsterdam, saya tidak akan kesana. Satu-satunya festival yang saya tunggu adalah festival bunga di Keukonhof, sekitar dua bulan dari sekarang. Semoga ini akan menarik, seperti yang dibilang orang, dan colorful seperti yang banyak dipromosikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *