Seminggu yang lalu adalah hari dimana saya berpisah dengan suatu benda yang sudah dua tahun lebih bersama. Benda itu adalah benda asing yang melekat di gigi bawah saya, baik dalam keadaan lapar maupun kenyang. Semua kami lalui bersama.

Alhamdulillah, waktu dua tahun lebih itu tidak sia-sia. Perbaikan ortho gigi bawah saya berjalan dengan baik, meskipun belum 100% sempurna. Perbedaan sangat terasa manakala behel bawah itu sudah dilepas. Rasanya pertemuan antara bibir bawah dan gigi bawah sangat halus terasa. Tidak ada lagi yang mengganjal. 🙂

Sebenarnya, hal yang sangat mendorong saya untuk melepas kawat gigi permanen gigi bawah saya itu adalah karena saya tidak tahan dengan seringnya si behel terlepas pada saat saya sedang makan. Rasanya sangat tidak enak, ketika sedang menggigit, tiba-tiba ada suara gemeretak didalam mulut. Arrggggghh…… 🙁

Be-Hell
Be-Hell

Tapi, perbaikan ortho ini belum lah selesai. Kata dokter gigi yang menjadi dokter ortho saya, masih ada tahap selanjutnya untuk gigi bawah saya yaitu, kalau tidak salah adalah pemasangan behel “retainer”. Apa itu? Katanya kawat gigi/behel itu fungsinya untuk memperkuat struktur gigi supaya dia tidak melenceng kemana-mana, karena katanya akar gigi saya masih belum cukup kuat.

Tentu saja, saya iya kan saja. Jangan sampai perbaikan ortho yang sudah lebih dua tahun itu rusak karena gigi masih belum kuat menahan tekanan dari makanan yang digigit. Saya juga pernah dengar dari salah seorang teman saya, katanya gigi seorang temannya kembali seperti semula, padahal sudah pasang kawat gigi. Mudah-mudahan dengan rencana pemasangan kawat retainer ini, saya tidak akan mengalami masalah serupa.

Disatu sisi, gigi atas saya juga masih terpasang “kereta api” behel. Alhamdulillah nya, karena kawat gigi atas saya ini jarang mengalami “lepas-lepas” seperti behel bawah saya dulu. Tapi, karena ada posisi gigi yang masih membutuhkan perawatan ortho, jadi saya masih tetap pakai.

Insya Allah, mudah-mudahan tahun depan saya sudah tidak menggunakan behel lagi. Dan jangan sampai gigi-gigi tersayang saya ini jadi melenceng kemana-mana. Wooh, pasti kacau lagi.

OK, sekian dulu. See ya!

 Sumber gambar: http://bit.ly/MjdKMV

One thought on “Goodbye Behel Bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *