Hari Ke 4 – Rotterdam – Sambutan Kampus Luar Biasa Bagus

Alhamdulillah saya sudah dihari keempat di Rotterdam. Baru bisa menulis lagi, karena baru punya waktu luang untuk menulis. Sudah hari keempat saya di Belanda, setelah sampai di Schiphol hari Minggu sore beberapa hari yang lalu.

Saya ingin mengatakan, bahwa sampai sejauh ini, hari ketiga di kampus, saya merasakan atmosfer yang sangat baik. Baik dari segi akademisnya, maupun dari segi sosialnya. Kampus, dalam hal ini staf-staf nya sangat luar biasa memberikan sambutan kepada kami. Kami dijamu dengan banyak makanan enak dan aneka minuman dihari pertama. Tidak ada rasa awkward yang lazim yang biasanya saya rasakan ketika berada dilingkungan sekolah/kampus yang baru. Kami semua bisa berbaur dengan baik, walaupun berasal dari negara yang berbeda-beda.

Harusnya saya menulis mengenai sambutan kampus pada hari Senin lalu di blog ini, tapi yah begitulah, saya baru sampai di apartemen malamnya, dan capek, jadi tidak sempat lagi menulis. Kemarin malah lebih parah, pulang dari kampus, sampai di apartemen jam 10an malam, jadi tidak banyak lagi yang bisa saya lakukan setelah pulang.

Pihak kampus tidak hanya memberikan orientasi seputar kelas dan program yang mereka punya, tapi kami juga diberikan perjalanan ke beberapa tempat-tempat yang bersejarah, dan tempat menarik lainnya di Rotterdam. Beberapa tempat, seperti Erasmus Taalbridge, Kompleks museum di Rotterdam, Market, katedral, dll yang belum bisa saya sebutkan namanya dengan baik kami kunjungi, ataupun kami lihat dari jauh dan dipandu staf dari kampus saya, yaitu Erasmus Universiteit, Rotterdam.

Baru kali ini saya merasakan sambutan yang betul-betul seperti sambutan yang seharusnya. Bukan berarti sekolah yang diluar negeri tidak memberikan sambutan yang baik yah.

Tadi kami bahkan dipertemukan dengan orang-orang yang membantu kami dalam mengurus pendaftaran di kampus. Tidak semua kampus bersedia menunjukkan orang-orang yang telah membantu mahasiswa mendaftar ke kampusnya. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang menarik bagi saya, karena kami semua berasal dari sekitar banyak negara yang berbeda di seluruh dunia, dan mereka mampu menangani beragam persoalan kami, dan walaupun demikian, mereka masih kelihatan “baik-baik saja” dengan itu semua.

Lebih dari itu, semua rangkaian sambutan kampus ini membuat saya sangat terkesan.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *