Jam Tidur?

Belakangan ini menjadi masalah tersendiri buat saya, dalam hampir dua minggu kembali ke Indonesia setelah 8 bulan di Belanda. Hampir setiap hari selama sekitar dua minggu terakhir ini saya kesulitan menyesuaikan jam tidur saya dengan jam tidur normal disini. Saya selalu kesulitan dan hampir tidak bisa tidur setiap malam sampai pagi hari, setelah terawih, sahur sampai pagi, saya hampir tidak bisa tidur.

Saya tidak tahu apa penyebabnya (mungkin karena terus memikirkan tentang tesis?), mungkin karena jam biologis tubuh saya masih menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini. Perlu diingat kalau perbedaan waktu antara Belanda dan Makassar adalah 6 jam. Kalau di Makassar sudah jam 6 pagi, berarti di Belanda masih jam 12 malam, dan biasanya di Belanda jam segitu saya masih terjaga mengerjakan ini itu, saya baru tidur diatas jam 1, namun saat masuk awal ramadhan beberapa minggu lalu, saya biasanya tidur setelah solat subuh, yaitu sekitar jam 3.20 subuh (waktu Belanda).

Soal jam biologis tadi, biasanya jam biologis seseorang akan menyesuaikan kembali setelah beberapa hari, tapi keadaan yang saya alami ini, dimana sudah lebih dari seminggu mungkin bukan hal yang umum. Terus terang saya cukup terganggu dengan ini, karena disaat saya harus mulai keluar ke kantor-kantor untuk menemui key informants, saya baru merasakan kantuk. Beberapa hari terakhir ini, saya baru bisa tidur diatas jam 9 pagi. Dan biasanya saya baru bangun sekitar jam 12.30 atau diatasnya. Selama tiga setengah jam itu lah jam efektif tidur saya dalam beberapa hari terakhir ini.

Saya tidak tahu pasti berapa jam setiap harinya jam tidur saya. Walaupun jam tidur yang cukup itu penting untuk banyak hal termasuk untuk kesehatan otak dan tubuh kita. Dengan keadaan seperti ini, dimana jam tidur saya dalam beberapa waktu belakangan ini yang kurang dari 4 jam, saya akan sering merasa kelelahan apalagi saya berpuasa. Tapi, ini bukan alasan untuk malas-malasan dan melupakan kewajiban. Semoga semuanya akan baik-baik saja dan saya akan tetap sehat kedepannya.

Ingat pengumpulan data, ingat tesis, lupakan waktu tidur itu.

Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *