Hai apa kabar, diriku? Lelah. Setelah beberapa hari sangat intensif dengan kegiatan perkuliahan beserta tugas-tugasnya. Memang kuliah pascasarjana itu bukanlah hal yang ringannya biasa-biasa saja, melainkan hal yang selalu membuat pikiran bertambah bebannya. Kau tahu kawan, tugasnya sangat banyak. Hal yang wajar, tentu saja.

Berangkat pagi dan pulang malam, dan tadi saya baru pertama kali pulang dari kampus dengan sepeda. Iya, saya sudah punya sepeda disini. Sepertinya bisa lebih fleksibel mobilisasinya, tapi, kamu tau, diriku, perjalanan dari Burgemeester Oudlaan 50 ke Schiekade 10 tidaklah dekat. Walaupun kamu tahu, kalau jaraknya “hanya” 5,6 km. lagi-lagi, “hanya” 19 menit waktu perjalanan, apabila kamu melihat perkiraan waktu tempuh dari google maps. Nyatanya, tidak terasa sedekat dan secepat itu sampainya.

Kenyataannya, saya butuh waktu sekitar 30 menit kalau berangkat dengan naik sepeda, mungkin sudah termasuk dengan waktu tunggu. Waktu tunggu yang saya maksud adalah waktu yang saya pakai menunggu update lokasi di google maps hp saya, berhubung saya harus tetap memantau posisi saya dalam jalur sepeda dari google maps.

jadi, setiap hari saya harus menempuh jarak sejauh itu, yang faktanya, hampir semua perjalanan saya menumpang tram. Dan naik tram juga tidaklah cepat sampainya ke kampus. Total sekitar 40an menit dari mulai jalan ataupun lari menuju Centraal Station, kemudian naik tram sampai halte Woudestein dan kemudian jalan kaki lagi menuju gedung Mandeville. Sepertinya otot betis ini makin menjadi-jadi.

Waktu tempuh, perkuliahan, diskusi, dan tugas-tugas kuliah, semuanya sangat menguras. Menguras tenaga, waktu, pikiran, dan juga uang! Kalau naik tram, sehari bisa habis hampir 3 Euro, itu kalau pulang-pergi kampus saja. Belum termasuk kalau berangkat atau menuju tempat lain. Walaupun bayarnya hanya lewat kartu saja. Kalau tenaga, ya sudah jelas, kalau jalan ataupun lari, naik turun tangga (di tempat tinggal saya) pasti sangat menguras. Daaan, tentu saja pikiran. Tugas membaca 6 papers yang dikasi saat weekend dan harus dibuat summary nya, bukanlah hal yang sepele kawan. Jangan tanyakan bahasanya, tentu saja semuanya in English, dan paling tidak ada 16 lembar per paper, dan mau tidak mau semuanya harus dibaca, kalau tidak, nanti dibilang ngawur summary nya, which is sepertinya summary yang saya buat masuk dalam kategori tersebut.

So, summary? iya, itu hanya satu dari beberapa item hal yang harus saya selesaikan sejauh ini. Ada tugas kelompok juga, dua presentasi yang ada dalam satu workshop. Dan hari ini ada dua workshop yang saya jalani. Mulai jam 9 pagi, selesai tadi sekitar jam setengah tujuh malam. Minggu ini total dua kali workshop, dikali dua pertemuan, so, ada 4 kali workshop. Bingung? Saya juga. Bingung, sampai saya sendiri menulis tulisan ini secara tidak jelas.

Daripada lama-lama dengan ketidakjelasan ini, baiknya kalau saya istirahat saja. Kau tahu, kawan, judulnya “Jeda Sejenak”, so, mari beristirahat, diriku!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *