Kembali ke Belanda

Alhamdulillaah setelah melalui perjalanan yang sangat jauh dan lama, akhirnya saya sampai di Belanda dengan selamat. Perjalanan total memakan waktu kurang lebih 19 jam diluar waktu transit yang jika dihitung kurang lebih memakan waktu sekitar 12 jam.

Perjalanan dimulai dari rumah orang tau saya ke bandara Sultan Hasanuddin Makassar selama hampir satu jam, kemudian terbang ke Jakarta dengan waktu tempuh dua jam lebih. Sampai Di Jakarta sekitar pukul sepuluh pagi, kemudian transit sekitar 10 jam, dan pukul 20.30 berangkat ke Turki dengan waktu perjalanan hampir 12 jam.

Di Turki saya dan teman-teman sempat transit sekitar dua jam sebelum melanjutkan perjalanan ke Amsterdam yang memakan waktu hampir 3 jam dengan pesawat.

Perjalanan tidak sampai disitu, karena kota tempat kami tinggal di Rotterdam, sehingga kami harus naik kereta lagi selama sekitar 45 menit.

Sebelumnya sempat merasa berat meninggalkan Indonesia setelah sekitar delapan bulan kuliah di Belanda. Saya sangat senang bisa pulang kampung walaupun sebenarnya tujuannya bukan untuk liburan, melainkan untuk fieldwork untuk keperluan pengumpulan data untuk tesis.

Senang rasanya bisa kembali berkumpul dengan teman-teman di Indonesia, apalagi ditambah dengan suasana ramadan dan lebaran yang membuat semua orang bergembira.

I am really happy to meet my familty and my old friends back home.

Sebenarnya waktu berkumpul dengan teman-teman pun tidak banyak, karena sebagian besar waktu saya di Indonesia disibukkan dengan pengumpulan data (seperti yang tadi saya bilang), yang mana bukan hanya disibukkan dengan menghubungi dan menunggu konfirmasi key informants, melakukan interview, membuat kuesioner, tapi juga disibukkan dengan memikirkan segala hal yang terkait dengan data yang harus dikumpulkan dan bagaimana caranya.

Tapi, Alhamdulillaah kurang lebih semuanya sudah cukup memenuhi harapan saya.

Sekarang, dua hari setelah kedatangan saya kembali ke Belanda, akan kembali disibukkan dengan tesis. Semoga saya dan teman-teman diberikan kekuatan untuk bisa menyelesaikan tesis ini dengan baik, dan semuanya bisa pulang dengan senang ke Indonesia di akhir September/ awal Oktober tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *