Kondisi Writer’s Block

Disaat sedang dihadapkan dengan deadline proposal tesis dalam waktu dekat, hal ini malah terjadi.

A usually temporary psychological inability to begin or continue work on a piece of writing
(Urban Dictionary)

the problem of not being able to think of something to write about or not being able to finish writing a story, poem, etc.
(Merriam-Webster)

Writer’s Block, dalam kedua definisi diatas, kurang lebih adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk memikirkan, memulai, melanjutkan dan menyelesaikan suatu tulisan. Walaupun ini sangat jelas tentang kesulitan yang dialami seorang penulis, namun tulisan atau karyanya tidak harus berupa puisi.

Saat ini saya sedang menulis, lebih tepatnya menyusun tesis. Dan saat ini saya sedang berada dalam tahap menyusun proposalnya, dan dalam keadaan “writer’s block“. Saya sedang stuck saat ini. Alih-alih melanjutkan revisi proposal, saya malah menulis blog. Mungkin bisa berguna untuk meregangkan otot dan otak saya untuk kembali ke mood menulis.

Kondisi seperti ini sering saya alami ketika sedang ada tugas, dan kemungkinan besar bukan cuma saya sendiri yang sering mengalami ini. Bagi beberapa orang ini mungkin bukan hal yang wajar, tapi bagi saya, ini adalah hal yang biasa terjadi. Mungkin tidak sama dengan beberapa orang yang begitu mudah mengatur mendapatkan ritme menyelesaikan tugasnya, tapi bagi saya, kemungkinan keadaan “writer’s block” ini adalah sebuah proses yang harus saya lalui sebelum menyelesaikan tugas, well, dalam hal ini proposal tesis.

One Reply to “Kondisi Writer’s Block”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *