Malam yang Cukup Mengkhawatirkan

Sudah dipikirkan sejak berbulan-bulan yang lalu

Alhamdulillah, berakhir juga malam ini. Suatu malam yang selalu membebani pikiran saya sejak berbulan-bulan yang lalu. Memangnya apa yang terjadi malam ini, kenapa saya harus repot-repot untuk khawatir? Sorry, malam ini adalah malam syukuran kami para wisudawan(i) Program Studi Teknik Arsitektur dan Program Studi Teknik Pengembangan Wilayah dan Kota Universitas Hasanuddin periode IV 2012/2013.

Syukuran tapi khawatir, how come? Classic, my friends. Ada kekhawatiran yang muncul soal berapa banyak biaya yang akan kami keluarkan untuk acara ini. Yeah, you know lah, sebagai fresh graduate yang baru wisuda dua hari yang lalu, belum ada diantara kami yang punya pekerjaan tetap dan menghasilkan uang. So, masuk akal kalau kami secara senyap merasa khawatir akan hal ini. Tapi meskipun begitu, kami tetap senang dan pasti ikhlas mentraktir kawan-kawan yang sudah datang.

Kekhawatiran ini tidak akan terjadi kalau malam syukuran ini terjadi empat bulan yang lalu. Waktu itu keadaan finansial saya masih surplus akibat bonus yang saya peroleh dari hasil pekerjaan saya di salah satu perusahaan konsultan tempat saya dulu bekerja. Dan malam ini, disaat tabungan di rekening hanya tersisa beberapa lembar uang merah, malam ini tetap terjadi.

Untungnya, dengan mengandalkan bantuan finansial dari orang tua, saya bisa cukup percaya diri untuk menangkis total cost yang akan saya bayar. And then… Perkiraan kami meleset, total cost yang kami bayar masing-masing lebih banyak daripada perkiraan semula. Untungnya saya tidak minus banyak, tapi tetap harus nombok dengan bantuan teman. Thanks, Marga!

Ehem… malam yang sering saya pikirkan sejak berbulan-bulan yang lalu akhirnya lewat. Malam yang selalu membuat saya harus waspada setiap kali masuk ke booth ATM. Jangan sampai tabungan tidak tersisa selembar uang biru pun untuk acara syukuran ini.

Entahlah, apakah hal ini juga terjadi pada anda?

Untuk yang masih fresh graduate seumur kecebong, Cheeeeerzzz!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *