Mobile Blogging, Sudah Terlambat kah?

Ini adalah kali pertama saya menulis blog melalui handphone – smartphone. Terus terang saja, rasanya memang beda. Sangat berbeda dari sebelumnya, dimana biasanya saya menulis dengan laptop, yang notabene punya keyboard yang sangat memudahkan saya dalam menulis.

Kalau dengan laptop saya bisa menulis dua ratus kata per sepuluh menit (sambil mengedit) sekarang dengan menggunakan smartphone, rasanya jauh lebih lama dalam menyelesaikan satu tulisan.

Beberapa penyebabanya adalah:

– Touchscreen yang kecil, sehingga cukup sulit menekan key dengan cepat dan akurat.

– Jumlah tuts yang terbatas, sehingga untuk memilih karakter tertentu, saya harus menekan satu tombol untuk memunculkan karakter/ simbol tertentu (termasuk koma).

Memang wajar kalau agak lama untuk menyelesaikan satu tulisan ini. Karena beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh device kecil ini. Dan memang saya masih harus menyesuaikan diri dengan menulis secara mobile dengan perangkat terbatas.

Semoga dengan keterbatasan ini daya kreatifitas saya dalam membuat tulisan yang lebih singkat namun berisi bisa lebih baik lagi.

Saya selalu ingat dengan sebuah kalimat inspiratif oleh seorang dosen ketika saya masih mengikuti masa orientasi sebagai mahasiswa baru.

“Mari kita membuat lebih sedikit kesalahan”

Saya sangat setuju dengan itu. Bukan dengan mengatakan jangan membuat kesalahan, karena kalau tidak membuat kesalahan berarti sama dengan mengurangi peluang terciptanya kreatifitas.

*ditulis dalam waktu kurang lebih 40 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *