Awal bulan ini saya membeli sebuah buku berbahasa Inggris di Belanda. Ini pertama kalinya saya membeli buku di negara ini, walaupun hanya lewat online. Kenapa beli online? Sederhana, karena disini cukup sulit menemukan buku dalam bahasa Inggris. Trus kenapa dalam bahasa Inggris, bukan dalam bahasa Indonesia. Tentu saja, karena disini lebih sulit lagi menemukan buku dalam bahasa Indonesia.

Buku ini judulnya “What If”, ditulis oleh Randall Munroe. Harganya 12,99 Euro, tapi karena harus dikirim ke alamat saya di Rotterdam, total harganya sekitar 15 Euro. Saya memesannya Rabu tanggal 2 Maret, dan sampai di kotak surat saya hari Selasa, 8 Maret. Cukup lama sebenarnya, karena saya memesannya menjelang weekends (post NL tidak melakukan pengiriman barang pada akhir pekan) dan buku ini juga perlu dikirim dari tempat penyimpanannya (katanya).

Kardus-Buku-What-If

Kenapa saya membeli buku seperti ini dibanding buku kuliah? Yah karena saya butuh bacaan lain selain bahan bacaan yang terkait langsung dengan perkuliahan saya. Saya butuh hal baru untuk memberikan sedikit penyegaran dari hal yang itu-itu saja. Lagipula, saya sudah punya banyak bahan bacaan perkuliahan yang kebanyakan jurnal.

Kembali ke buku tadi. Buku ini kalau dilihat dari judulnya, “What If?” sepertinya tidak terlalu menarik. Tapi, bagi saya disitu lah sisi menariknya. Buku ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan random dan absurd yang ilmiah. Sekali lagi, yang ilmiah. Hal ini cukup membosankan bagi saya, sesuatu yang harus berbau ilmiah dll dsb. Tapi, dengan cara penyampaian yang menarik dan ilustratif, buku ini memberikan kesan bahwa pertanyaan-pertanyaan ilmiah itu bisa dimengerti dan dijawab dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Sesuatu yang sangat saya butuhkan saat berurusan dengan hal-hal yang bersifat ilmiah.

Lebih lanjut lagi, buku ini ditulis oleh Randall Munroe, kreator xkcd, salah satu situs komik ilmiah paling populer sejagad raya. Dia sendiri adalah mantan pegawai NASA, namun meninggalkan pekerjaannya untuk menjadi komikus secara full time untuk websitenya (xkcd).

What If, karya Randall Munroe

Sejauh yang saya baca saat ini (beberapa belas halaman pertama), buku ini sangat menarik untuk dibaca. Walaupun bahasannya banyak mencakup tentang pertanyaan-pertanyaan berbau fisika, kimia (alam semesta pada umumnya), namun Randall menjawab dan membahasnya dengan ilmiah dan menarik. Tentu saja diselingi dengan ilustrasi-ilustrasi. Wajar kalau buku ini pernah menjadi Bestseller di UK dan US.

Mungkin saya belum akan banyak membaca buku ini sampai tuntas. Tapi, dengan adanya buku ini, saya bisa mengetahui hal-hal baru bagi saya, dan sepertinya akan mendapatkan inspirasi dari pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku ini yang random. I love randomness, anyway.

So, itu lah dia sedikit cerita saya tentang buku pertama yang saya beli disini. Apakah akan ada buku selanjutnya yang akan saya beli disini? Entahlah, kemungkinan besar kalau saya membeli buku lagi, tidak akan banyak seperti yang saya lakukan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *