Pulang Sebentar

Senang rasanya bisa pulang ke Indonesia, ke kampung halaman. Saya tiba di Indonesia seminggu yang lalu dari Belanda, setelah 8 bulan lebih kuliah S2 di Rotterdam. Saya pulang dalam rangka untuk fieldwork (proses pengumpulan data) untuk tesis saya.

Fieldwork ini bertepatan dengan bulan suci ramadhan, sayangnya waktu yang diberikan hanya sebentar, kurang dari sebulan, dan ini sudah hampir separuh dari waktu yang diberikan. Fieldwork ini akan berakhir sehari setelah lebaran, dan saya harus kembali lagi ke Belanda untuk menyelesaikan tesis saya.

Walaupun saat fieldwork seperti ini kami tidak disibukkan dengan perkuliahan, tetapi ini juga tidak bisa dianggap liburan, karena kami harus mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk tesis. Dan kenyataannya saya juga tidak bisa bersantai, karena terus memikirkan tentang data yang harus saya kumpulkan, kuesioner yang saya bagikan, dan key informants yang harus saya temui dan wawancarai.

Semoga data yang saya butuhkan dapat terkumpul dan data tersebut memenuhi kebutuhan penelitian saya.

Ada banyak hal yang ingin saya tulis, namun kembali lagi, kesibukan seputar tesis ini membuat saya tidak punya banyak waktu untuk menulis diblog saya ini. Selain itu, koneksi internet yang tidak sebaik di Belanda juga mempengaruhi mood saya dalam menulis.

Itu saja dulu untuk saat ini.
Selamat menjalankan ibadah puasa, dan selamat mengumpulkan data bagi anda yang melakukan fieldwork saat ini. 🙂

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *