Ride on the Broken Road

Check one, check two, check three… Buat kamu yang hobi berkendara berhati-hati lah, jalanan makin kejam, jumlah pengendara lebih banyak, lubangnya juga begitu. Volume jalan sekarang tambah besar, tentu tidak sebanding dengan volume kendaraan yang melaju diatasnya. Masalah pun muncul, salah satunya jalan berlubang. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, lubang-lubang dijalan makin banyak, dan alamak…. lubang nya sangar-sangar. Kalau kurang hati-hati kita bisa jadi korban lakalantas, dan mudah-mudahan kita bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan itu.

broken-road-is-jalan-rusak

Musim hujan dan beberapa kondisi diatas memang menjadi penyebab utama kerusakan jalan, tapi tidak diimbangi dengan perbaikan yang semestinya rutin dilakukan. Oleh siapa? Guess who! Semua pasti menjawab pemerintah. Masa’ supir bus, supir truk, ato supir tank. Logika nya Supir bus dan supir truk memang sewajarnya wajib membantu pemerintah untuk memperbaiki jalan yang rusak, karena merekalah orang-orang yang membawa kendaraan yang bertonase tinggi kejalan raya. Bukan supir tank, hehehe…. just kiddin’.

Terus terang, saya sebagai pengguna jalan, yang tiap tahun bayar pajak sangat tidak nyaman dengan keadaan seperti ini. Tapi, mau bagaimana lagi. Pemerintah yang seharusnya tanggap menanganinya eh malah kurang respon dengan keadaan seperti ini. Padahal kalau dibiarkan, kerugiannya luar biasa. Selain menimbulkan korban jiwa, roda perekonomian juga akan sangat terganggu. Semua tau kan kalau moda transportasi yang paling banyak digunakan untuk mengantarkan barang-barang dari produsen ke konsumen adalah moda transportasi darat. Jadi, kalau jalan banyak rusak bagaimana perekonomian mau tumbuh pesat. Setidaknya pajak-pajak yang dibayar oleh pemilik kendaraan dipakai untuk memelihara jalan dengan rutin (masukan untuk pemerintah), dan harus merata.

Saya tulis artikel ini, untuk mengejewantahkan perasaan saya sebagai pengendara motor, yang tiap tahun bayar pajak, tapi tidak puas dengan kondisi jalan yang banyak mengalami kerusakan, dan tidak cepat ditanggulangi. Mudah-mudahan pihak berwenang bisa segera mengatasinya. Bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan kinerja pemerintah. Tidak semua pemakai jalan tertib, saya pun kadang begitu. Banyak kendaraan yang melaju dengan beban yang tidak seharusnya dijalan, ini seharusnya ditindaki dengan tidak diperbolehkan melintas dengan beban yang lebih dari kapasitas jalan. Intinya semua pemakai jalan harus tertib. Biar masalah-masalah lalu lintas bisa diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *