Saya Bukan Robot, Google!

Saya Bukan Robot, Google!

Bukan teknologi yang sempurna

Google, yang katanya mesin pencari nomor satu itu baru saja (sering) melakukan kesalahan. Sorry, saya tidak memanggilnya dengan “Om Google” – seperti yang biasa orang bilang: “Tanyakan Om Google saja”. Ah, itu norak! Mana mungkin saya mau ikut-ikutan panggil Google dengan Om. Banyak orang yang sekedar ikut-ikutan saja. Padahal kalau tahu, saya fikir orang-orang ini akan berfikir beberapa kali sebelum menyebut Google dengan Om. Hey, Google itu masih anak-anak. Dia berdiri tahun 1998. So, masih mau panggil Google dengan Om?

Sebenarnya, apa yang telah google lakukan pada saya? Dia (barusan) “berprasangka” bahwa saya adalah ROBOT! Oh, my gosh!…. saya ini makhluk biologis, gan Google! Cuma, gigi saya saja yang pake metal. 🙂

google-kira-robot

Google, What?

Kronologis:

  • Saya membuka email saya (gmail).
  • Kemudian membuka salah satu blog saya, dengan maksud untuk melakukan sedikit perbaikan.
  • Membuka blog yang lain.
  • Melakukan pencarian di Google.

So, what the hell was wrong with me? Aha! Anda punya alasan yang bagus, Google! Sesuatu yang membuat sistem nya itu sampai-sampai curiga bahwa saya adalah “seorang robot”. Saya telah melakukan:

  • Membuka lebih dari satu akun gmail (selalu terjadi).
  • Memasukkan kueri yang tidak masuk akal (memasukkan keyword sembarangan/acak).
  • Membuka 3 browser secara bersamaan, dan melakukan pencarian di Google di ketiga browser ini.
  • Jaringan broadband saya yang lambat (ini bukan salah saya).

Aneh, padahal itu selalu terjadi, dan baru kali ini (lagi) Google melakukan kesalahan itu. Sesaat setelah saya menekan enter untuk mencari jawaban dari kueri yang saya masukkan di kolom pencarian Google, Google merespon dengan me-“redirect” saya ke halaman ini:

Di halaman web itu, google berkata:

Sistem kami telah mendeteksi adanya lalu lintas yang tidak wajar……. Laman ini memeriksa apakah benar-benar anda yang mengirimkan permintaan tersebut, dan bukan robot. Mengapa ini terjadi?

Dibagian atas tulisan tersebut ada “captcha” untuk membuktikan bahwa saya adalah manusia, dan bukan robot yang melakukan pencarian.

Sudahlah Google, ini menyia-nyiakan lagi waktu saya yang terbatas ini. Dan bukan hanya saya saja yang mengalami hal ini. Ada banyak orang lain di dunia ini yang juga PASTI mengalami hal serupa. 🙁

*setelah beberapa kali mengalami hal ini. Saya segera beralih menggunakan Bing untuk melakukan pencarian selanjutnya. Dan Bing memanfaatkannya dengan baik. Responnya juga cepat. Bahkan sangat cepat!

No Responses

Write a response

%d bloggers like this: