Seminggu pertama setelah surat perintah yang mengesahkan dosen pembimbing untuk Tugas Akhir saya telah berlalu. Dan, syukurlah saya telah bertemu dengan kedua dosen pembimbing saya. Mengenai judul, sampai dengan hari ini masih belum fix judulnya apa. Namun, sudah ada dua tema mengenai judul tersebut. Yang pertama (yang saya ajukan) temanya sedikit berbau pertanian, yang cukup berbeda dibandingkan bidang ilmu program studi saya yaitu Pengembangan Wilayah dan Kota. Dan judul kedua, yang merupakan arahan dari salah satu dosen pembimbing saya, yaitu mengenai Cellular Automata.

CA Artwork by me
CA Artwork by me

Pertama kali

Cellular automaton, alias cellular automata ini baru pertama kali saya dengar dari dosen pembimbing saya. Padahal, setelah saya browsing, cellular automata ini ternyata sudah dipelajari sejak awal tahun 50-an. Sudah sekitar 60 tahun lalu, dan saya baru mendengarnya beberapa hari yang lalu. Dan berita baiknya adalah, mungkin ini akan menjadi pengisi hari-hari saya selama beberapa bulan kedepan. Yah, kalau judulnya sudah fix dan disetujui oleh kedua dosen pembimbing saya. πŸ™‚

Terus terang, passion saya memang dibidang yang berhubungan dengan IT, dan seni. Dan sepertinya, dengan sedikit gambaran yang diberikan oleh pak Dosen, dan salah satu laman web, mathworld, saya jadi semakin penasaran dengan sesuatu yang bernama Cellular Automata ini. Hanya saja, salah satu hambatan saya untuk stay on the track mempelajari cellular automata ini adalah kekurangan saya dalam hal membagi waktu. Penyakit lama kambuh kembali, ketika mulai membahas tugas, badan langsung lemas.

Tapi, cellular automata ini sepertinya akan asik dipelajari. Apalagi dosen saya yang menerangkan dengan penuh antusias. Saya sangat senang dengan cara beliau menerangkan kepada saya, apa itu cellular automata, apa kegunaannya, dan bagaimana prinsipnya. Saya yang biasanya sangat malas mengulang pelajaran, menjadi mulai memaksakan diri mempelajari cellular automata ini.

Cellular automata, hello! πŸ˜€

2 thoughts on “Tantangan Itu Bernama Cellular Automata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *