Untuk Menjadi Lebih Bahagia

Minggu lalu saya mengikuti kuliah Competitive City, yang merupakan salah satu mata kuliah dalam bidang spesialisasi Urban Competitiveness and Resilience. Nah, sebelumnya, pada saat penyambutan dosennya memberikan materi mengenai Happiness, yang memiliki keterkaitan dengan daya saing dari suatu kota (Urban Competitiveness).

Kuliah yang sangat menarik, tapi disini saya tidak berbicara lebih jauh tentang itu. Saya ingin tahu lebih banyak tentang kebahagiaan, ingin tahu lebih, tentang apa sebenarnya yang membuat orang bahagia, dan bagaimana caranya supaya bisa lebih bahagia.

Tadi saya “nemu” satu video di TED yang sangat bagus tentang cara sederhana untuk menjadi lebih bahagia. Matt Killingsworth, si presenter mengemukakan “hasil temuannya” mengenai cara untuk bahagia ini. Sederhana, cukup dengan fokus dengan apa yang dihadapi saat ini (stay in the moment). Jangan terlalu banyak memikirkan hal lain. Mungkin hal ini erat kaitannya dengan konsep “sabar” dan “bersyukur” itu sendiri, walaupun tidak disinggung dalam video.

Presentasi yang sangat menarik tentu saja, apalagi karena presentasi Matt ini berbasis penelitian yang datanya diperoleh dari responden melalui aplikasi smartphone. Sekali lagi, saya tidak membahasnya lebih mendalam disini. Yang pasti, cara untuk bahagia itu, berdasarkan hasil temuan dari Matt Killingsworth bisa dilakukan dengan fokus dengan apa yang dihadapi saat ini. Stay in the moment.

Videonya bisa anda tonton disini:
TED Matt Killingsworth: Want to be happier? Stay in the moment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *