Bungy Jumping di Belanda

Ganti Nomor WhatsApp, Dari Nomor Belanda Ke Indonesia

Alasan dan cara mengganti nomor handphone di WhatsApp

Beberapa waktu yang lalu saya memutuskan mengganti nomor WhatsApp (WA) saya dari nomor HP Belanda (+31) ke nomor HP Indonesia (+62) saya.

Nomor Belanda ini sudah saya gunakan sebagai nomor WA sejak kurang lebih 3 tahun yang lalu, ketika masih kuliah S2 di Belanda.

Alasan – alasan kenapa saya mengganti nomor WA saya

Sebenarnya sudah cukup lama saya memikirkan untuk mengganti nomor WA saya ini. Namun, berhubung karena sudah banyak relasi yang menyimpan nomor WA (Belanda) saya itu, saya sering tidak jadi menggantinya. Terus terang saya lebih suka dengan nomor Belanda saya itu, karena jumlah digitnya hanya 10, sedangkan nomor Indonesia saya, jumlah digitnya ada 12.

Alasan lain kenapa saya mengganti nomor WA:

1. Beberapa orang merasa kesulitan mengubungi saya
Ini adalah titik kulminasi kenapa saya langsung mengganti nomor WA saya. Ceritanya begini: salah satu teman kantor saya hanya mengetahui nomor WA saya (yang nomor Belanda), dan ketika sedang ada hal yang urgent, beliau langsung menelfon ke nomor WA saya.

And you know what I mean, beliau terhubung dengan seseorang yang berbicara dengan bahasa aneh. Saya yang tidak tahu latar belakang dan tinjauan pustaka dari kejadian tersebut, terkejut dengan pernyataan beliau, bahwa katanya saya tidak bisa dihubungi.

Ternyata benar, beliau menghubungi nomor WA Belanda saya. Sore itu langsung saya putuskan untuk mengganti nomor WA (setelah membahasnya juga dengan istri saya).

2. Simplifikasi nomor kontak saya
Karena saya termasuk orang yang susah menghapal nomor, dan tidak ingin punya nomor kontak yang banyak, maka hal ini juga menjadi alasan kenapa saya mengganti nomor WA.

Memiliki banyak nomor kontak juga sangat berpotensi membuat kolega confused dengan kontak yang kita miliki.

3. Sering dapat chat WA dari orang Belanda
Akhir-akhir ini saya sering mendapat chat berbahasa Belanda, yang semuanya datang dari orang yang tidak saya kenal. Mereka menganggap bahwa nomor ini adalah nomor temannya yang sudah membeli nomor yang baru direaktivasi lagi oleh providernya di Belanda.

Karena tidak mau terus-terusan mendapat random chat seperti itu, saya memutuskan untuk tidak menggunakan nomor WA itu lagi.

4. Kasihan dengan pemilik baru nomor Belanda saya
Kemungkinan besar si pemilik baru nomor Belanda ini juga ingin menggunakannya untuk keperluan pribadi. Hanya saja, karena dalam sistem WA pemiliknya masih saya, beliau tidak dapat menggunakannya untuk WA.

Karena hal tersebut, saya merasa kasihan, kalau si Bule ini harus membeli nomor baru karena nomor tadi tidak bisa dipakai untuk WA.

Punya nomor luar negeri itu keren?

Beberapa orang bilang iya. Bagi saya, preferable nya karena jumlah digitnya yang sedikit. Kalau jumlah digitnya banyak, kelihatannya tidak menarik. Bisa ambil contoh plat mobil yang jumlahnya 1 atau 2 digit dengan plat mobil 4 digit, yang nomornya juga acak-acakan. Tentu kalian juga lebih suka dengan plat mobil dengan jumlah digit yang lebih sedikit bukan?

Cara mengganti nomor WhatsApp

Ini cara yang saya lakukan ketika mengganti (switch) nomor WhatsApp, tanpa kehilangan kontak, attachment, dan group:

1. Pilih Setting (Tiga titik bersusun dipojok kanan atas > Settings)

whatsapp setting
2. Pilih menu Account (dengan icon kunci) > Change number > Next

whatsapp setting - ganti nomor

kemudian klik “Change number”

whatsapp setting - ganti nomor menu

Setelah itu kita lanjut ke change number

3. Pada bagian Change number, masukkan nomor lama (old phone number), lalu masukkan nomor baru (new phone number), lalu klik DONE (kanan atas)

whatsapp setting - ganti nomor menu nomor baru
4. Verifikasi code, anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi akun WhatsApp anda

whatsapp setting - ganti nomor menu nomor baru - kode verifikasi
5. Setelah itu akan ada backup data secara otomatis.

whatsapp setting - ganti nomor menu nomor baru - backup

Dengan cara ini data anda, baik itu berupa Group, attachments, dll. tidak terhapus. Selama anda tidak menghapus akun anda.

whatsapp setting - ganti nomor

Tada! Whatsapp dengan nomor baru sudah selesai 🙂

Demikian cerita saya mengenai penggantian nomor WA saya dari nomor Belanda ke nomor Indonesia. Awalnya memang agak berat mengganti nomor WA, karena sudah banyak yang tahu nomor tersebut. Karena beberapa alasan tadi, saya memilih mengganti nomor WA Belanda saya dengan nomor HP Indonesia.

Cheers!

6

One Response

  1. Marly Rizma
    April 20, 2018

Write a response

%d bloggers like this: