Motogp seri Le Mans, Perancis (15 Mei 2011) menyisakan banyak cerita. Diawali dengan dominasi Casey Stoner selama sesi latihan bebas diikuti dengan dominasi nya di sesi kualifikasi yang membawanya menjadi pole position untuk seri ini. Sempat terjadi perselisihan kecil antara Stoner dan pembalap tuan rumah, Randy de Puniet yang dianggap Stoner menutup racing line nya. Stoner yang waktu itu melaju dengan kecepatan diatas 200 km/jam sangat kesal karena Randy melaju dengan kecepatan rendah, dan dianggap membahayakan. Stoner kemudian memukul bahu Randy. Akibatnya Stoner dikenai denda sebesar 5000 Euro.

Saat Lomba

Lomba diawali dengan kepemimpinan Pedrosa yang melaju kencang saat start. Sempat memimpin beberapa lap, akhir nya kepemimpinan lomba diambil alih oleh Casey Stoner. Dan Pedrosa pun bertarung dengan Marco Simoncelli untuk memperebutkan posisi kedua. Dibelakang mereka ada grup Lorenzo, Dovizioso dan Valentino Rossi yang saling berebut posisi ke empat.

podium-motogp-Le-Mans-2011-Stoner

Pertarungan ketat terjadi antara Dani Pedrosa dan Marco Simoncelli. Simoncelli sempat menyalib Pedrosa, namun Pedrosa dapat kembali mempertahankan posisi nya, hingga akhirnya kecelakaan menimpa Pedrosa yang menabrak bagian belakang dari motor Simoncelli. Pedrosa yang sebelum tikungan berhasil menyalib Simoncelli, tak dapat berbuat apa-apa ketika secara mendadak Simoncelli datang dari sisi kanan luar Pedrosa saat masuk tikungan dan melakukan late-breaking. Pedrosa akhir nya terjatuh keluar lintasan dan terpaksa harus meninggalkan balapan dengan bahu kanan yang cedera.

Simoncelli yang dianggap melakukan illegal maneuver, diberi penalti oleh pengawas balapan. Dia harus masuk pit lane, sehingga harus kehilangan posisi runner-up nya. Dengan jatuh nya Pedrosa, dan penalti Simoncelli, persaingan memperebutkan posisi kedua pun menjadi semakin panas. Lorenzo, Dovizioso, Rossi bertarung ketat demi posisi runner up.

Diakhir lomba, Stoner yang mendominasi sejak latihan bebas tak menemui halangan berarti untuk kembali menjadi juara, diikuti oleh rekan se-tim nya, Dovizioso dan posisi ketiga ditempati oleh Rossi. Lorenzo ke-empat dan Marco Simoncelli diposisi lima. Dengan demikian posisi klasemen sedikit bergeser dengan Jorge Lorenzo sebagai pemucak klasemen. Berikut 5 besar klasemen sementara motogp hingga seri Le Mans, Perancis (15 Mei 2011):

  1. Jorge Lorenzo (78 pts)
  2. Casey Stoner (66 pts)
  3. Dani Pedrosa (61 pts)
  4. Andrea Dovizioso (50 pts)
  5. Valentino Rossi (47 pts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *