Portfolio

Dari beberapa personal side projects yang pernah saya buat, berikut yang menurut saya make sense untuk saya tampilkan:

Please let me know if you have any ideas regarding to the list you find below

AMC Knowledge Base

AMC Knowledge Base

Tipe: Website
URL: https://amctelkom.com

Website ini saya buat sebagai salah satu tugas sebagai digital talent di perusahaan tempat saya bekerja.

AMC Knowledge Base, sesuai dengan judulnya adalah sebuah tempat dimana orang dapat mencari informasi dan mengenal unit kerja saya (Asset Management Center). Isinya mencakup:

  • history
  • target
  • pencapaian (achievement)
  • struktur organisas
  • business process
  • program unit
  • document guidelines
  • project showcase
  • resources
  • info alamat dan media sosial

Perlu dicatat, bahwa website ini tidak memuat hal-hal rahasia perusahaan seperti trading secrets, intellectual property, dokumen kontrak, dan hal-hal confidential lainnya.

Tujuan

Tujuan saya membuat website ini adalah untuk memudahkan rekan-rekan yang memerlukan informasi tentang AMC Telkom, dan dapat dibuat dengan biaya yang sangat terjangkau (bahkan total biaya yang saya keluarkan tidak seharga kopi Starbucks 1 Liter). Karena sebagai informasi, unit ini terbentuk pada akhir 2017, dan terkadang masih ada orang yang belum mengetahui keberadaan unit ini.

Bisa saja dengan membuka website ini orang tidak perlu bertanya langsung (mungkin karena malu, dll), dan tidak perlu lagi merasa mengganggu orang lain yang kemungkinan sibuk bekerja, karena beberapa info mengenai AMC sudah ada di website ini.

Tentang Business Process

Honestly saya agak bimbang ketika membuat point business process kedalam website tersebut. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa business process adalah hal yang sifatnya confidential?. Menurut saya tidak serta merta demikian.

Beberapa pihak, entah itu internal, apalagi external perusahaan hampir sama sekali tidak mengetahui atau kurang informasi mengenai business process unit AMC. Padahal salah satu tugas unit ini adalah untuk mendayagunakan aset (leveraging & unlock asset) perusahaan, yang sebenarnya diharapkan makin banyak dikerjasamakan dengan pihak external.

Why? External revenue matters. A lot! You can’t always rely on your own Group Intercompany’s revenue (CMIIW). And one of the ways to get external revenue is by utilizing accessible information about your organization.

Dan sayangnya (atau beruntungnya), dengan adanya keterbukaan informasi ini, bukan hanya pihak lain yang mendapatkan insight, tapi perusahaan juga dapat mendapatkan manfaat, which is still underrated.

Bayangkan, jika Anda bermaksud untuk menawarkan kerja sama yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, namun Anda tidak punya informasi apapun mengenai pihak tersebut, dan tidak ada bayangan proses bisnisnya seperti apa, besar kemungkinan Anda akan mencari alternatif lain, yang jumlahnya sangat banyak dan makin bertambah setiap harinya.

Alangkah sayang sekali jika opportunity seperti itu tidak dapat dimanfaatkan.

Tech Stack

amctelkom.com menggunakan ini:

  • domain .com (apparently!) cost: around $9.08 for the first year.
  • Notion
  • Fruition
  • Cloudflare Workers

Berapa lama website ini dibuat?

Untuk draft nya sendiri, Alhamdulillah website ini saya buat dalam waktu beberapa jam (less than a day), mulai dari siang sampai sore hari. Saya sangat terbantu dengan adanya beberapa resources (tutorial) yang tersedia secara online.

But… Yeah, of course tidak sampai disitu. Karena beberapa bagian dan tentu saja kontennya terus saya perbaharui.

Saya berharap website ini dapat memberikan manfaat bagi siapapun, terutama bagi peers di kantor.