Gedung Telkom Landmark Tower TLT Jakarta

OJT 2 GPTP Telkom Indonesia

Baru sempat update blog lagi

Sekarang sudah masuk minggu ketiga saya mengikuti On The Job Training (OJT 2). Pada OJT 2 ini saya ditempatkan di Direktorat Keuangan Telkom, yang lokasinya di lantai 33 gedung Telkom Landmark Tower (TLT), Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Penempatan OJT 2 saya (hints):

  • Tempat: Direktorat Keuangan PT Telkom Indonesia – Bagian Sekretariat Direktorat Keuangan

Sebelumnya ketika OJT 1, saya ditempatkan di Kota Malang selama 2 bulan sejak selesai orientasi GPTP yang dilakukan di Pusdikhub Cimahi dan Telkom Corporate University di Bandung.

Berbeda dengan OJT 1 sebelumnya, sekarang sebagian besar orang ditempatkan sesuai dengan bidang masing-masing. Namun, meski demikian beberapa orang termasuk saya ditempatkan unit yang tidak terlalu linear dengan latar belakang pendidikan saya.

Basically, latar belakang pendidikan saya adalah perkotaan

  • S1 di Teknik Pengembangan Wilayah Kota (Universitas Hasanuddin)
  • S2 di Urban Management (IHS Erasmus Universiteit Rotterdam, Belanda)

Sebenarnya sebelum saya kuliah di Belanda, saya sempat kuliah S2 di ITB di jurusan Rancang Kota, dan saat itu saya pernah mendapat mata kuliah yang membahas tentang properti beserta perhitungan finansialnya. Mungkin dengan beberapa pengetahuan tersebut saya bisa menggunakannya dalam pekerjaan saya selama OJT 2.

Ruang Tempat OJT 2

Ruang Tempat OJT 2 Saya

Back to the point, apa yang saya lakukan?

OK, OJT 2. Apa saja sih yang saya lakukan di bagian Sekretariat Direktorat Keuangan ini? Kurang lebihnya adakah membantu staf Direktur Keuangan. Membantu dalam hal apa saja? Sejauh ini saya melakukan apa saja yang diinstruksikan, seperti membantu menyiapkan presentasi direktur keuangan Telkom, merangkum MoM (minutes of meeting) atau biasa disebut notulensi rapat.

Honestly, sampai dengan saat ini workload nya masih belum berat, hanya saja lama waktu di kantor lebih panjang dibanding OJT 1 sebelumnya, atau bahkan jika dibandingkan dengan rekan-rekan OJT 2 GPTP lain yang berada di gedung yang sama (namun direktorat/ unit berbeda).

Untuk jam kerja sendiri, secara umum jam masuknya adalah jam 08.00, namun biasanya ketika ada event atau rapat, datangnya harus lebih pagi. Seminggu yang lalu ada event Telkom Click 2018, dan waktu itu saya harus datang ke kantor jam 06.00. Dan jika ada rapat yang harus saya ikuti, khususnya rapat hari Senin pagi, saya harus datang sebelum jam 07.00.

Event Telkom Click 2018

Tadi saya sempat menyebutkan tentang Event Telkom Click 2018.  Apa itu Telkom Click 2018? Ini adalah event tahunan yang sebelumnya disebut Apel Kesiapan Kerja yang berisi tentang penyampaian oleh para direktur mengenai pencapaian perusahaan pada tahun sebelumnya dan target Telkom Group untuk setahun kedepannya.

Nah didalam event ini, pada peserta OJT 2 ditugaskan untuk turut membantu persiapan setiap Direktorat CFU (Consumer Facing Unit)/ FU (Functional Unit) untuk event Telkom Click ini. Didalam event ini saya ditugaskan oleh AVP saya untuk berkoordinasi dengan rekan-rekan yang bertugas OJT untuk membuat yel-yel dan juga membantu dalam pembuatan video yang akan ditayangkan pada event tersebut.

Yel-yel yang kami buat digunakan oleh semua unit didalam jajaran Direktorat Keuangan Telkom Group di seluruh Indonesia.

In summary

OJT 2 GPTP Telkom ini adalah lanjutan dari OJT sebelumnya, namun penempatannya sudah lebih sesuai dengan background sebelumnya. Mengenai kegiatan yang dilakukan, tetap mengikuti instruksi dari tempat OJT masing-masing. Dan mengenai workload dan jam kerja, juga tergantung dari tempat OJT masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Cheers

40

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: