Menu Close

Pengalaman Membeli Buku di Amazon

Layak untuk dicoba

Beberapa waktu yang lalu saya membeli buku di Amazon setelah menonton sebuah video di YouTube yang merekomendasikan buku ini. Buku ini berjudul “The Self-Taught Programmer” yang ditulis oleh Cory Althoff.

Saya akan mencantumkan timeline detail pengiriman di akhir postingan ini.

Bagian Belakang Buku

Kenapa saya membeli buku ini?

Dunia pemrograman selalu menjadi hal yang menarik bagi saya, dan saya selalu ingin bisa melakukan pemrograman. Meskipun saya bukanlah seorang sarjana informatika atau lulusan dari jurusan terkait.

Kenyataan bahwa buku ini ditulis oleh seorang programmer yang juga tidak memiliki latar belakang pendidikan dibidang tersebut menjadi alasan saya untuk membeli buku ini, dan rela menunggu beberapa minggu untuk tiba.

Saya ingin belajar pemrograman dari orang ini, karena bisa saja buku ini akan memperlihatkan sudut pandang yang berbeda bagaimana menjadi seorang programmer, dan memperlihatkan bahwa orang yang tidak memiliki pendidikan formal dalam bidang pemrograman juga bisa menjadi seorang programmer.

Anyway, bahasa pemrograman yang dibahas dalam buku ini adalah Python.

Ok cukup dengan intronya, let’s get to the point.

rizqi fahma

Harga buku yang saya beli di Amazon

Buku ini saya beli pada tanggal 3 Desember 2018 seharga USD $16.98 dan ongkos kirim sebesar $10.98, sehingga total sebesar $27.96.

Detail Pemesanan Buku Saya

Wait… ongkos kirimnya bisa semahal itu? Yup, ongkirnya sekitar Rp 150.000. Bagi siapapun itu, membeli sebuah buku dengan ongkos kirim seharga beberapa buku di Indonesia memang mahal. Tapi bagi saya biaya segitu adalah harga sebuah pengalaman membeli buku di Amazon.


The book is shipped

Buku ini dikirim dengan menggunakan expedisi yang bernama Aramex, yang sudah biasa dipakai untuk pengiriman paket dari Amazon.

Buku yang saya pesan ini dikirim dari Amerika Serikat (New York) pada tanggal 6 Desember 2018, 3 hari setelah tanggal pemesanan, dan akan tiba (estimasi) pada tanggal 27 Desember 2018.

Ada selisih sekitar 3 hari sejak tanggal order sampai tanggal pengiriman buku ini. Saya tidak tahu mengapa demikian, tapi perkiraan saya, kemungkinan buku ini adalah buku Print on Demand, yang mana sebenarnya stoknya belum ada sebelum ada order.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerugian dari overstock (kelebihan supply). Lagian buku ini sebenarnya bukanlah buku yang diterbitkan oleh penerbit populer seperti Wiley, atau O’Reilly.

Buku Cory Althoff ini diterbitkan oleh Self-Taught Media (baru dengar nama penerbit ini).

Perkiraan awal lama pengiriman buku di Amazon ini adalah sekitar 2 minggu.

But let me tell you the truth…

Jika melihat dari history pengirimannya, buku ini sampai ditujuan dalam waktu 8 hari sejak dikirim dari Amerika, which is sebenarnya tidak terlalu mengecewakan.

The book is delivered

Paket buku ini tiba di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2018 di kantor Aramex Destination Facility, Jakarta. Lalu apakah paket ini langsung dikirim ke alamat tujuan (saya menggunakan alamat kantor di Jakarta Selatan)?

Tidak. Pengiriman ke alamat saya dilakukan keesokan harinya (tanggal 13 Desember pagi), namun karena sepertinya ada masalah logistik atau mungkin karena parahnya macet di Jakarta, maka pengiriman dilakukan kembali esok hari (14 Desember).


Dan tibalah buku yang ditunggu-tunggu ini.

Tanggal 14 Desember siang saya mendapat telefon dari kurir Aramex bahwa paket akan tiba beberapa saat kemudian.

Ternyata memang demikian, si bapak kurirnya tiba dalam waktu singkat.

Oh iya, kurir Aramex pembawa paket yang ditunggu-tunggu ini seperti abang abang Go-Send pembawa paket yang selalu ditunggu-tunggu juga. Beliau mengendarai motor, sehingga bisa lebih mudah dan lebih cepat pengirimannya.

Bagaimana perasaan saya? Saya sangat senang, karena Aramex ini tidak php (pemberi harapan palsu), dan walaupun sempat delay sehari, saya bisa memaklumi. Maklum, paketnya datang dari New York, mungkin masih panas. *joking

Halaman dalam Buku

So, pada awal-awal tulisan ini saya mengatakan bahwa saya akan mencantumkan detail dari pengiriman buku ini dari NY USA ke Jakarta Selatan, ini dia, guys…

DateLocationActivity
14 Dec 201802:19 PMAramex Jakarta Office, IndonesiaShipment Delivered Rizqi
14 Dec 201809:49 AMAramex Jakarta Office, IndonesiaShipment is Out for Delivery
13 Dec 201807:32 PMAramex Jakarta Office, IndonesiaAttempted Delivery – Delivery Rescheduled
13 Dec 201810:56 AMAramex Jakarta Office, IndonesiaShipment is Out for Delivery
12 Dec 201811:40 PMAramex Jakarta Office, IndonesiaShipment Arrived at Aramex Destination Facility – Will be Updated Once Ready for Collection/ Delivery
11 Dec 201801:35 AMSingapore, SingaporeShipment Departed Aramex Sorting Hub – Moving on its way to Destination Country
09 Dec 201801:49 PMSingapore, SingaporeShipment Arrived at Aramex Sorting Hub – In Transit / Will Keep Moving to Reach its Final Destination Country
06 Dec 201807:17 PMNew York, United StatesShipment Departed Origin Country – In Flight to Destination

Terima kasih telah membaca tulisan saya tentang pengalaman membeli buku di Amazon. Ini adalah pengalaman pertama saya membeli buku disana, dan menurut saya cukup worth it, meskipun paket butuh waktu sekitar 2 minggu baru sampai. Tapi, kalau kamu menginginkan paketmu tiba lebih cepat, kamu bisa saja memilih pilihan pengiriman express dari Amazon, namun ada tambahan biaya beberapa dollar.

Semoga pengalaman ini membantu 🙂

Cheers