OJT 1 GPTP 6 Telkom GM witel Malang

Pengalaman On The Job Training (OJT) 1 GPTP 6 Telkom (Tahun 2017)

Tahapan yang wajib dilakukan sebelum menjadi karyawan tetap

Tentu rekan-rekan yang ingin bekerja di PT Telkom Indonesia tertarik untuk mengetahui tahapan ini. Sebagai salah satu peserta OJT Telkom (GPTP 6) saya berusaha berbagi pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti OJT 1 ini.

Waktu: November sampai 31 Desember 2017
Tempat: Witel Malang, Jawa Timur

Setelah mengikuti orientasi GPTP beberapa waktu yang lalu, tibalah saatnya untuk OJT (On The Job Training). Dalam rekrutmen pegawai tetap PT Telkom Indonesia saat ini, sebelum menjadi karyawan tetap, peserta yang lulus dan telah mengikuti orientasi wajib mengikuti OJT yang terdiri dari dua yaitu:

  • OJT 1 (penempatan tergantung witel)
  • OJT 2 (penempatan sesuai bidang) – Belum

OJT 1

Berdasarkan pengalaman saya di OJT 1, kami ditempatkan di wilayah telekomunikasi (witel) Telkom yang tersebar di pulau Jawa. Mulai dari kota paling dekat dari Corpu (Bandung) sampai dengan kota/ kabupaten yang terjauh (Pasuruan).

Setelah sampai di witel masing-masing rekan-rekan OJT ditugaskan di unit-unit yang ditentukan oleh GM (General Manager) Witel.

witel malang blimbing

Pertanyaan: Apakah bisa memilih lokasi OJT?
Jawabannya: Tidak.

Yang menentukan dan yang mengetahui lokasi penempatan OJT 1 dan OJT 2 GPTP hanyalah pihak internal PT Telkom. Keputusan yang sudah dikeluarkan tidak bisa diganggu-gugat.

Apa yang harus dilakukan oleh anak OJT GPTP Telkom?
Ikuti saja “komando” yang diberikan.

Saya sendiri yang saat ini berdomisili di Bandung sebenarnya sempat merasa sedih ketika mendapati bahwa lokasi OJT 1 saya di Malang.

Ingin tahu pengalaman tes rekrutmen GPTP Telkom saya? Silahkan klik linknya

Alasannya adalah, waktu itu (bulan Oktober 2017) istri saya sedang hamil besar dan akan melahirkan dalam waktu dekat. Jarak Malang ke Bandung juga sangat jauh dan waktu tempuh (dengan kereta) juga sangat lama, yaitu 16 jam. Tentu saja akan butuh waktu lama untuk pulang pergi ketika istri saya melahirkan dan kembali lagi bekerja.

Apa yang saya lakukan?
Terima saja keputuan, dan lakukan pekerjaan semaksimal mungkin.

Pada saat pengumuman lokasi OJT 1, hanya ada 2 reaksi dari rekan-rekan GPTP 6, sedih atau gembira.

Yang kelihatan gembira biasanya rekan-rekan yang mendapat lokasi OJT di Jakarta, atau kota-kota besar lain, dan yang lokasi OJT nya yang tidak jauh dari domisili. Sebaliknya, yang kelihatannya sedih, adalah rekan-rekan yang mendapat lokasi OJT yang jauh dari daerah asal.

Sebenarnya tidak ada lagi alasan-alasan kenapa harus keberatan ketika ditempatkan di lokasi OJT masing-masing, karena pada saat penerimaan, kita semua telah menandatangani kesediaan ditempatkan dimana saja di PT Telkom Indonesia, baik itu lokasi, maupun unit kerja.

Tips-tips untuk OJT 1

Untuk memperlancar/ mempermulus persiapan OJT, ada beberapa tips yang bisa saya berikan:

  1. Hubungi rekan-rekan peserta OJT yang ditempatkan dilokasi yang sama, setelah mendapatkan pengumuman OJT.
  2. Diskusikan mengenai rencana keberangkatan (berangkat dari mana, dan kapan), supaya bisa saling membantu.
  3. Browsing/ cari tahu tentang lokasi tempat tinggal (kos-kosan) yang dekat selama OJT. Usahakan cari lokasi yang dekat dan aksesnya mudah ke kantor.

OJT 1 – Malang: Masuk di Unit CS

Sesampainya kami di kantor Witel Malang, di Jalan Ahmad Yani, Blimbing – Kota Malang kami disambut dengan baik oleh pihak HR (Human Resource) dan diperkenalkan ke GM Witel Malang.

Hari pertama kami masih belum full working, karena saat itu kami masih belum mendapatkan tempat kos. Jadi setelah bertemu dengan HR dan GM, kami langsung melnajutkan kegiatan mencari kos disekitar kantor Witel Malang.

Kisaran biaya sewa kos per bulan: Rp 850.000 – 1.200.000 per kamar

Ternyata biaya sewa kamar kontrakan di Malang jauh lebih mahal daripada perkiraan kami. Sebelum mencari kos, perkiraan kami, biaya sewa nya maksimal Rp 700.000 per bulan/ kamar, dengan fasilitas sudah termasuk AC. Padahal kenyataannya, biaya sewanya sendiri diatas Rp 800.000/ bulan.

Rekan-rekan saya sendiri membayar Rp 850.000 per orang per bulan, dan dalam satu kamar ditempati oleh 2 orang. Tapi, fasilitasnya sudah lumayan, karena sudah termasuk biaya listrik, air, kamar dilengkapi AC, TV, dan ada kamar mandi dalam.

Untuk kos saya sendiri (lokasi berbeda) biaya sewanya sebesar Rp 900.000/ bulan, dengan fasilitas kamar mandi dalam, listrik dan air juga sudah included.

training sales ojt 1 gptp telkom 2017 witel malang

Event Sales Force Training di Witel Malang (Desember 2017)

Tugas selama OJT 1 di Malang

Selama OJT 1 di Malang, kami bersembilan ditempatkan di unit yang sama (Consumer Service), yang pada intinya tugas kami adalah membantu penjualan IndiHome. Selain menjual IndiHome, kegiatan lain yang kami lakukan adalah:

  • Micro demand survey
  • Validasi data (ODP dan UNSC)
  • Organizing event Witel Malang (training dan gathering)

Micro demand survey

Dalam kegiatan ini, kami bertugas untuk melakukan survey untuk mengetahui prospek masyarakat setempat terhadap IndiHome. Sebelum Telkom membangun jaringan, terlebih dahulu kita harus mengetahui minat masyarakat dan juga harus tahu tentang kemampuan masyarakat.

Validasi data (ODP dan UNSC)

Dalam kegiatan ini kami melakukan validasi data ODP (optical distribution point) dan UNSC (calon pelanggan yang belum terpasang IndiHome). Kegiatan ini kami melakukan pengecekan ulang posisi ODP dan UNSC pada lokasi yang sebenarnya, dan menghitung jarak UNSC ke ODP available terdekat.

Organizing event Witel

Beberapa event yang kami bantu selenggarakan saat OJT 1 di Witel Malang adalah: event gathering sales dan teknisi, kemudian event training sales force.

Kesimpulan

OJT (On The Job Training) PT Telkom adalah sebuah tahapan yang wajib diikuti sebelum menjadi karyawan tetap PT Telkom Indonesia. OJT ini terbagi dua, yaitu OJT 1 dan OJT 2, yang dimana penempatan keduanya disebar keseluruh divisi regional Telkom. Hanya saja, untuk OJT 1, penempatannya masih dalam wilayah pulau Jawa.

Dimanapun rekan-rekan GPTP ditempatkan selama OJT, diterima saja dan tugas dilaksanakan semaksimal mungkin. Mungkin rekan-rekan ada yang masih belum menerima dengan sepenuh hati penempatan lokasi OJT nya, bersabarlah, karena pasti akan ada hikmah yang didapat dari penempatan tersebut.

Untuk pengumuman OJT 2 GPTP 6 Telkom Tahun 2018, silahkan baca dilink tadi.

34

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: