GPTP 6 Telkom Indonesia

Pengalaman Mengikuti Orientasi Great People Trainee Program (GPTP) Telkom [Batch 6] 2017

Tahapan yang wajib diikuti sebelum menjadi karyawan tetap PT Telkom Indonesia (2017)

Setelah pengumuman lulus tes GPTP 6 Tahun 2017 PT Telkom Indonesia keluar beberapa waktu yang lalu, kami mendapat email mengenai tahapan selanjutnya yang harus diikuti. Basically, berdasarkan email yang saya terima GPTP (Great People Trainee Program) Telkom dibagi dalam 2 tahap yaitu:

1. Orientasi Dasar

Tahapan ini berlangsung selama sebulan (1 – 31 Oktober 2017). Dilaksanakan di Bandung (dan Cimahi). Pada dasarnya, dalam tahap ini berisi materi pebentukan karakter & spiritual, pengembangan fungsional, dan pengembangan diri.

Telkom Corporate University

Telkom Corporate University

Lebih detailnya mengenai orientasi dasar ini akan saya bahas dalam postingan ini.

2. Job Assignment

Tahapan ini berlangsung selama maksimal 5 bulan (1 November – 31 Maret 2017). Dilaksanakan di Divre atau unit bisnis PT Telkom Indonesia di seluruh wilayah kerja (tentu saja juga termasuk diluar jawa).

Mengenai Job Assignment ini akan saya tuliskan di postingan lain.

Sedikit informasi, jeda antara pengumuman dan kegiatan orientasi dasar GPTP Telkom di batch saya (GPTP 6) itu selama kurang lebih 1 bulan. Mengenai jalur rekrutmen saya, saya melalui jalur rekrutmen Telkom sumber LPDP (via Mata Garuda).

Let’s get to the point

Jadi, kegiatan orientasi dasar ini (poin 1 diatas) terbagi 2. Yang pertama diadakan di Pusdikhub TNI di Cimahi, setelah itu kegiatan dilakukan di Telkom Corporate University, di Jl. Geger Kalong – Bandung.

1. Kegiatan di Pusdikhub (Cimahi). Lama: 13 hari (2 minggu)

Kegiatan selama di Pusdikhub ini sering disebut dengan Bintal (pembinaan mental). Bukan hanya mental saja sebenarnya yang dibina, fisik juga sangat ditempa selama disana.

Kegiatan bongkar pasang senjata (pistol) pusdikhub cimahi

Kegiatan bongkar pasang senjata (pistol)

Baris berbaris
Dalam kegiatan ini kita diajarkan (diingatkan kembali) bagaimana PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang baik dan benar. Suka tidak suka, kita harus mengikuti kegiatan ini, karena di hampir setiap pergerakan/ pergeseran pasukan kita harus dalam posisi baris berbaris yang benar.

Latihan fisik/ Olahraga (lari, jalan, push up, sit up, dll)
Jangan khawatir, rekan-rekan sekalian akan kenyang dengan latihan-latihan fisik ini selama di Pusdikhub Cimahi. Dan tenang saja, karena akan banyak kejutan yang diberikan oleh pelatih-pelatih selama di Pusdikhub.

Apel dan upacara
Setiap hari selama di Pusdikhub rekan-rekan sekalian wajib mengikuti apel atau upacara. Apel sendiri diadakan pada saat pagi dan malam hari, sebelum dan setelah mengikuti rangkaian kegiatan dihari tersebut.

Untuk upacara sendiri tergantung dengan agenda dari pelatih, atau sesuai dengan ada atau tidaknya peringatan tertentu, seperti upacara untuk memperingati hari kesaktian Pancasila, dll.

Makan bersama rekan-rekan gptp 6 telkom

Makan snack bareng

Makan dan minum (tentu saja)
Untuk makan dan minum, tenang saja dijamin tidak akan kekurangan. Sehari makan bisa sampai 5 kali. 3 kali makan berat (sarapan, makan siang, makan malam), dan 2 kali snack, yaitu pada pukul 10 pagi, dan 3 sore.

Mengenai menu makanannya, jangan khawatir semuanya menu yang sehat kok.

Ibadah (tenang saja, kita dikasi waktu untuk ibadah)
Bagi yang muslim, jadwal ibadah sesuai dengan jadwal solat. Di Pusdikhub ada mesjid di dekat lapangan basket, mesjidnya juga bersih, dan airnya lancar kok.

Yang non muslim juga dikasi waktu sesuai jadwal ibadah masing-masing. Selama di Pusdikhub, kadar keimanan rekan-rekan sekalian Insha Allah bisa bertambah.

Latihan yel-yel
Ini juga suatu keharusan bagi rekan-rekan yang menempuh kegiatan orientasi dasar GPTP. Bagi yang hobi orasi atau nyanyi yang kencang, kegiatan ini sangat cocok untuk anda.

Ada lumayan banyak yel-yel yang diajarkan oleh pelatih, semuanya mengandung kata-kata dan irama yang membakar semangat. Ini sangat bermanfaat loh, apalagi kalau lari siang, semuanya harus yel-yel dan nyanyi sambil mengelilingi Pusdikhub.

Yang tidak bisa yel-yel dan kurang pede menyanyi, anda sangat beruntung. Karena dengan semakin seringnya yel-yel kepercayaan diri anda akan bertambah. Silahkan dicoba.

Latihan untuk persiapan upacara penutupan
Nah ini dia… Kegiatan ini, rekan-rekan sekalian akan dibagi dalam beberapa kelompok besar yang akan menampilkan keahlian masing-masing. Rekan-rekan sekalian akan dilatih oleh para pelatih yang profesional dan berpengalaman dari Pusdikhub.

Kelompoknya adalah: Baris berbaris, senam senjata, bongkar pasang senjata, senam balok, flashmob (kalau tidak salah), Kopaja (korps pengangkat meja), mountaineering, dan tim buah-buahan.

Meskipun namanya latihan, tapi secara umum semuanya cukup fun. Rekan-rekan sekalian akan belajar bagaimana menjadi penyelenggara upacara, variasi barisan yang sangat keren itu, bagaimana senam senjata (senjata asli) dengan gerakan menarik, bagaimana membongkar senapan M-16 (asli) dan memasangnya kembali, bagaimana menampilkan gerakan senam balok yang menuntut kekuatan,kecepatan, dan kerja sama tim itu, bagaimana melakukan penurunan dari tower dengan menggunakan tali, dan lain sebagainya.

Lebih dari kegiatan-kegiatan diatas yang saya tuliskan itu, rekan-rekan sekalian akan menjadi lebih disiplin, dan secara fisik dan spiritual akan menjadi lebih kuat. Kerja sama tim juga akan menjadi lebih kompak.

Kegiatan survival

Sebelum tahapan Bintal di Pusdikhub selesai dan kembali ke Corpu, rekan-rekan sekalian akan mengikuti kegiatan survival. Survival ini diselenggarakan di alam (diluar Pusdikhub), biasanya di hutan.

Dalam kegiatan ini anda akan bermalam dengan menggunakan tenda, mencari dan memasak makanan sendiri (beberapa bahan makanan sebenarnya disiapkan oleh tim pelatih).

2. Kegiatan di Corpu (Telkom Corporate University). Lama: 3 Minggu

Setelah kegiatan di Pusdikhub selesai, kegiatan selanjutnya berpindah ke Corpu.

kegiatan di corpu gptp telkom

Materi di kelas

Sama dengan di Pusdikhub, kegiatan di Corpu juga banyak. Secara garis besar, kegiatan-kegiatannya adalah sebagai berikut:

  • Solat subuh
  • Olahraga pagi (senam, stretching)
  • Pembersihan (mandi, dll)
  • Apel pagi
  • Sarapan
  • Materi pelajaran
  • Istirahat (makan snack)
  • Materi pelajaran
  • Istirahat (Ishoma)
  • Materi pelajaran
  • Ishoma (makan snack)
  • Materi pelajaran
  • Pembersihan (mandi, dll)
  • Materi pelajaran/ latihan
  • Apel malam
  • Istirahat

Disela-sela kegiatan, biasanya diselingi latihan. Apalagi menjelang kegiatan-kegiatan tertentu, seperti peringatan Hari Sumpah Pemuda, dan juga Malam Pengantar Tugas (MPT).

GPTP Telkom Main billyard saat weekend (kompetisi)

Main billyard saat weekend (kompetisi)

Setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu) akan diisi oleh kegiatan olahraga dan games. Kalau beruntung, anda juga akan bisa bermain melawan pelatih-pelatih dari Pusdikhub.

Perlu diperhatikan juga, bahwa selama pendidikan di Corpu, akan ada beberapa test, baik pre-test, maupun post-test. Rekan-rekan sekalian harus mengetahui banyak hal tentang Telkom, baik perusahaannya, maupun produk/ layanannya. Materi dari tes-tes tersebut tidak jauh dari itu, dan sebaiknya rekan-rekan sekalian banyak berdiskusi dengan sesama siswa (peserta GPTP), karena ada begitu banyak hal yang harus diketahui, namun waktu yang tersedia sangat sedikit untuk memahami semuanya.

Tips-tips mengikuti kegiatan orientasi dasar GPTP Telkom

Selama mengikuti kegiatan orientasi dasar ini, ada beberapa hal yang menurut saya sangat penting, yaitu:

  • Bawalah obat-obatan (obat demam, batuk, pilek, sakit kepala, diare, suplemen seperti Ester C, hansaplast, dll)
  • Bawalah pakaian dalam yang cukup banyak (minimal 10 pcs)
  • Persiapkan fisik dan mental
  • Istirahat yang cukup. Kurangi penggunaan gadget saat malam hari (waktu istirahat)
  • Tandai barang bawaan rekan-rekan sekalian, baik itu baju, sepatu PDL, topi, dan pakaian sehari-hari.

Demikian tulisan saya mengenai pengalaman mengikuti orientasi dasar GPTP Telkom. Mungkin ada beberapa hal yang kurang terkait pembahasan saya mengenai kegiatan ini, jangan sungkan untuk menyampaikan masukan, saran, dan pertanyaan di kolom komentar.

main bola gptp telkom

Pertandingan sepak bola saat weekends

Kalau anda merasa kurang nyaman menyampaikannya di kolom komentar, silahkan hubungi saya melalui halaman kontak yang sudah saya sediakan di blog ini.

Anyway, penasaran dengan gaji GPTP Telkom? Silahkan baca postingan saya dilink tadi.

Warm regards,

Rizqi Fahma

31

8 Responses

  1. Yusep
    February 14, 2018
  2. Ilka
    August 6, 2018
    • Rizqi Fahma
      August 6, 2018
  3. udin
    August 25, 2018
    • Rizqi Fahma
      August 25, 2018
  4. Devi
    October 1, 2018
    • Rizqi Fahma
      October 1, 2018

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: