Pengumuman OJT 2 GPTP Telkom Batch 6 2018

Pengumuman OJT 2 GPTP Telkom Batch 6 2018

Bagaimana penempatannya?

Beberapa hari yang lalu (2 Januari 2018) lokasi penempatan OJT (On The Job Training) 2 untuk peserta GPTP 6 PT Telkom Indonesia telah diumumkan. Hanya selang beberapa hari setelah OJT 1 selesai, 267 peserta OJT ini harus segera bersiap-siap untuk menuju ke lokasi penempatan masing-masing, karena tanggal 5 Januari 2018 harus melapor di tempat OJT masing-masing.

Semuanya terkejut, karena lokasi OJT 2 ini bukan hanya berada di pulau Jawa.

Lokasi OJT 2

Berbeda dengan lokasi OJT 1 sebelumnya, OJT 2 GPTP 6 Telkom kali ini tersebar ke pulau-pulau lain diluar pulau Jawa. Berikut adalah pulau-pulau tersebut:

  • Sumatera (Medan) – TREG 1
  • Kalimantan (Balikpapan) – TREG 6
  • Sulawesi (Makassar) – TREG 7
TREG (Telkom Regional)

Meskipun berdasarkan file pengumuman OJT 2 lokasi (TREG) pada ketiga pulau tersebut adalah Medan, Balikpapan dan Makassar, namun setelah melapor pada TREG masing-masing lokasi para peserta kembali dipencar. Keputusan tersebut kemungkinan berdasarkan keputusan TREG masing-masing.

Sebagai contoh, seorang teman saya, berdasarkan pengumuman OJT 2 kemarin, dia mendapat lokasi OJT 2 di Balikpapan. Namun, setelah melapor di TREG setempat (TREG 6), dia ditempatkan di Samarinda.

Meskipun bukan dalam kota yang tertera dalam file pengumuman OJT, kita harus bertugas di kota tersebut, karena kota tersebut termasuk dalam wilayah TREG terkait.

Ingin tahu tentang bagaimana orientasi GPTP Telkom? Silahkan baca artikelnya di link tersebut.

Kegiatan saat OJT SF Training - Witel Malang

Yang di Jawa

Rekan-rekan GPTP 6 yang OJT 2 nya masih di Pulau Jawa, tersebar di beberapa kota yaitu:

  • Jakarta
  • Bandung
  • Semarang
  • Kediri
  • Surabaya

Jakarta dan Bandung

Untuk Jakarta dan Bandung, penempatan OJT 2 terbagi ke HCBP (Human Capital Business Partner) dan HC TREG. Untuk jumlah peserta OJT 2 ini paling banyak ditempatkan di 2 kota tersebut, dengan Jakarta sebagai kota terbanyak pesertanya.

Bagi rekan-rekan yang mendapat penempatan OJT 2 di HC TREG, bisa saja disebar ke Witel yang berada dalam regional terkait.

Skema penempatan OJT 2

Skema penempatan OJT 2

Kota lainnya?

Untuk kota lain seperti Semarang, Surabaya, Kediri dan kota-kota lain diluar Jawa seperti Medan, Makassar, dan Balikpapan, penempatan peserta OJT nya biasanya kalau bukan di TREG, disebar ke WITEL (Wilayah Telekomunikasi) yang berada dalam regional terkait.

Contohnya seperti yang saya bahas diatas, peserta OJT 2 yang berdasarkan file penempatan OJT ditempatkan di TREG 5 (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, dll) bisa saja selama OJT 2, ditempatkan di witel Sidoarjo. Ini disebabkan karena witel Sidoarjo termasuk dalam TREG 5.

HCBP?

Mengenai penempatan yang di HCBP (Human Capital Business Partner), hanya peserta yang di Jakarta yang mendapat penempatan di unit tersebut. Lebih detail mengenai HCBP itu sendiri saya belum paham secara keseluruhan, yang jelas di HCBP itu sendiri masih terbagi-bagi lagi kedalam banyak unit-unit.

Apakah penempatannya sesuai jurusan?

Berbeda dengan OJT 1 sebelumnya, penempatan OJT 2 ini pada dasarnya sudah mulai menjurus berdasarkan latar belakang pendidikan masing-masing. Hanya saja kenyataannya tidak semua peserta ditempatkan 100% sama dengan latar belakang pendidikannya.

Sebagai contoh, seorang peserta dengan latar belakang Teknik Fisika ditempatkan di Direktorat Keuangan.

Namun, ada juga yang sudah sangat sesuai dengan bidangnya, misalnya seorang peserta dengan pendidikan terakhir dibidang HR (Human Resource) ditempatkan di unit HC (Human Capital), dan contoh lain, seorang peserta dengan latar belakang pendidikan dibidang finance dan memiliki pengalaman kerja sebagai financial planner ditempatkan di Direktorat Keuangan.

Uang saku & SPPD

Tenang saja, para peserta OJT 2 tetap mendapat uang saku+ SPPD. Pembayaran SPPD dibayarkan terlebih dahulu, kemudian biasanya setiap pertengahan bulan uang saku sudah ditransfer ke rekening TMoney masing-masing.

In summary

  • Penempatan OJT 2 GPTP Batch 6 Telkom Tahun 2018 ini sudah tersebar sampai ke regional-regional diluar pulau Jawa.
  • Daerah dengan peserta OJT terbanyak adalah Jakarta.
  • Penempatan bukan hanya di HCBP Telkom dan TREG, tapi bisa saja disebar ke witel-witel dalam regional terkait.
  • Pada dasarnya penempatan sudah berdasarkan latar belakang pendidikan, tapi tidak 100% terikat dengan jurusan masing-masing
  • Setiap peserta harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan tugas baru yang diberikan

Itu saja yang bisa saya tuliskan mengenai pengumuman OJT 2 GPTP Batch 6 Telkom, semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalkan komentar yah. Masukan dan saran bisa dikirim via halaman kontak saya.

Cheers

24

2 Responses

  1. Dicky
    July 12, 2018
    • Rizqi Fahma
      July 12, 2018

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: