Seri pembuka motogp 2011 digelar di sirkuit Losail, Qatar 20 Maret 2011. Seperti yang diperkirakan oleh pengamat, pemenang seri motogp ini adalah Casey Stoner, melengkapi pole position nya. Casey Stoner layak digelari raja sirkuit Losail, karena dalam 5 musim terakhir, dia berhasil memenangkannya sebanyak 4 kali. Kecuali musim lalu, dia tak berhasil menyelesaikan balapan, karena terjatuh dan tak dapat melanjutkan lomba.

Stoner-Qatar-2011
Stoner

Stoner tentu layak mendapatkan acungan jempol, karena kali ini ia membela tim yang berbeda dibanding 4 race sebelumnya di Losail dimana ia kini menunggangi Honda. Musim sebelumnya ia membela tim Ducati. Tentu bukan hanya Stoner yang layak diacungi jempol. Dibalik kemenangannya, dukungan tim Repsol Honda sangat mempengaruhi performa pembalap-pembalapnya, bukan hanya Casey Stoner, tapi juga Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso yang membela tim yang sama. Performa trio Repsol Honda di tes pra musim sangat memukau, dimana pembalap-pembalapnya silih berganti menjadi pembalap tercepat.

Namun, Honda tentu tak boleh menyombongkan diri karena 4 dari 5 pembalap terdepan adalah pembalap yang menunggangi Honda, dimana Marco Simoncelli juga masuk dalam 5 besar, sebagai satu-satunya pembalap tim satelit Honda. Performa Jorge Lorenzo patut diwaspadai, start dari posisi 3, dia berhasil finish diurutan 2 mengungguli Dani Pedrosa yang sebelumnya start dari posisi 2 namun finish di posisi 3. Jorge Lorenzo mampu mendahului Pedrosa beberapa lap terakhir, meninggalkan Pedrosa lebih jauh dibanding saat Pedrosa didepan Lorenzo.

Bagaimana dengan Valentino Rossi?

Race ini tidak berakhir manis seperti musim lalu, dimana Valentino Rossi mampu memenangi seri perdana ini. Race kali ini Rossi hanya finish diposisi 7, dibawah Ben Spies yang merupakan rekan se-tim Jorge Lorenzo di Yamaha. Performa Rossi yang kurang maksimal ditengarai karena dia masih dalam proses adaptasi dengan tunggangan barunya, Ducati Desmosedici GP11 ditambah lagi dengan cidera bahunya yang belum pulih 100 %. Mudah-mudahan, masalah The Doctor dapat segera teratasi, dan mampu kembli bersaing dengan pembalap lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *