Sabtu, 25 Juni 2011 sirkuit Assen, Belanda menjadi salah satu saksi bisu dari sejarah yang ditorehkan Ben Spies, pembalap motogp tim Yamaha Factory Racing. Ben Spies berhasil menjadi pemenang setelah melalui 26 laps lomba. Ini merupakan kemenangan pertama Ben Spies diajang motogp setelah 2 musim secara full menjadi pembalap motogp. Beberapa musim sebelumnya Ben Spies sempat menjadi salah satu rider motogp di tim Suzuki, namun bukan sebagai pembalap tetap.

Posisi dua lomba seri Assen, Belanda diisi oleh pembalap Repsol Honda, Casey Stoner dan disusul oleh rekan se-tim nya, Andrea Dovizioso disusul pembalap Ducati, Valentino Rossi dan rekan setimnya, Nicky Hayden. Sedangkan juara dunia motogp musim lalu, Jorge Lorenzo harus puas berada diposisi keenam. Lorenzo terlihat sangat kecewa dengan hasil ini karena diatas kertas, Lorenzo berpeluang besar memenangkan lomba seri ini mengingat juara seri Assen musim lalu adalah dia.

Ben-Spies-Motogp-Assen-2011
Ben Spies

Lorenzo sangat kecewa lantaran dia sempat terlibat kecelakaan dengan pembalap Gresini Honda, Marco Simoncelli di awal lap pertama. Kejadian ini bukan lah yang pertama kali dialami oleh Simoncelli. Kecelakaan Simoncelli yang melibatkan pembalap lain juga terjadi dengan Dani Pedrosa beberapa seri yang lalu sehingga Pedrosa mengalami cedera dan belum dapat tampil kembali sampai dengan seri Assen ini.

Marco Simoncelli juga sebenarnya punya kans besar untuk memenangkan lomba, mengingat dia merupakan pole sitter yang memimpin balapan dari start dengan Spies diurutan dua dan diikuti oleh Stoner.

Kembali ke Ben Spies, beberapa pembalap sempat memberikan selamat kepada dirinya sesaat setelah finish. Terlihat Stoner, Nicky Hayden, Valentino Rossi, Colin Edwards, dan juga rekan setimnya, Lorenzo serta beberapa pembalap lainnya mengucapkan selamat kepada Ben Spies.

Berikut klasemen sementara motogp sampai dengan seri Assen(25 Juni 2011):

  1. STONER 136
  2. LORENZO 108
  3. DOVIZIOSO 99
  4. ROSSI 81
  5. HAYDEN 71
  6. PEDROSA 61
  7. SPIES 61
  8. AOYAMA 51
  9. EDWARDS 46
  10. SIMONCELLI 39
  11. BARBERA 35
  12. ELIAS 34
  13. ABRAHAM 33
  14. CRUTCHLOW 32
  15. BAUTISTA 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *