Bagi sebagian orang, film ini mungkin saja masih terdengar asing. Beberapa orang mungkin saja belum pernah mendengar judul film ini. Tapi percayalah, kalau kamu menonton film ini dan memperhatikan jalan cerita nya dari awal sampai akhir, kamu pasti akan berkata: “wah… film ini bagus sekali!” kesan yang mungkin kamu rasakan diawal-awal film ini adalah tidak menarik, sama sekali. Itu juga yang saya rasakan ketika pertama kali menonton di kos-kosan sahabat saya di Bandung. Tapi, seperti yang baru saya bilang sebelumnya, perhatikan jalan ceritanya. It must be awesome!

Film ini memang bukan film baru. Bahkan saya masih belum berumur 4 tahun ketika film ini tayang di layar lebar di  tahun 1994. Tapi apa yang saya lewatkan selama 17 tahun sejak film ini ditayangkan pertama kali, sungguh tidak saya bayangkan sebelumnya. Dan dari situs database film, Shawshank Redemption memperoleh rating 9.2. Rating yang sangat bagus untuk sebuah film. Pengambilan gambarnya dilakukan sangat baik, menyesuaikan dengan latar film di tahun 1946.

Sedikit mengenai jalan cerita Shawshank Redemption

Andy Dufresne – baca: Andy Dufreyn (Tim Robbins), adalah seorang narapidana yang dipenjara atas kejahatan yang tidak dia lakukan. Bisa dikatakan dia adalah korban dari hukum yang tidak dijalankan secara adil, juga ditambah dengan pengacara yang tidak becus. Dia dipenjara atas tuduhan bahwa dia telah membunuh dua orang warga sipil. Memang, di film itu, istri nya selingkuh dengan orang lain, dan Andy juga sebenarnya kecewa dengan itu. Tapi kenyataannya bukan Andy yang membunuh istri dan lelaki selingkuhannya. Andy dijatuhi hukuman puluhan tahun penjara.

Andy-Dufresne-(Tim-Robbins)
Andy Dufresne

Dipenjara, Andy bertemu dengan beberapa narapidana lain yang kemudian menjadi kawan baiknya. Andy yang dulunya bekerja sebagai bankir ini pernah membantu seorang petinggi penjara bebas dari pajak. Dan sejak itu popularitasnya didalam penjara mulai meningkat. Dia mulai menghitung pajak beberapa pegawai dalam penjara, bahkan sampai pegawai dari penjara lain. Andy bukan hanya menjadi penghitung pajak yang ulung, dia juga menjadi penasihat keuangan yang handal. Sang kepala penjara semakin percaya padanya.

Andy membawa banyak perubahan yang baik bagi penjara Shawshank. Namun, dia juga menjadi incaran kawanan beberapa narapidana lain yang “suka” padanya. Mereka ingin menindas Andy untuk melakukan hal-hal asusila. Andy hampir selalu lolos dari mereka. Suatu ketika Andy babak belur karena kawanan itu. Sipir penjara yang menjadikan Andy sebagai penasihat keuangannya marah besar, dan menghajar kembali orang yang menganiaya Andy.

Andy berkawan baik dengan Red (Morgan Freeman) dkk. Mereka selalu berbagi cerita satu sama lain. Red adalah seorang penyelundup barang dari luar masuk ke penjara. Barang-barang seperti rokok, poster, sampai palu bisa dia selundupkan kedalam penjara. Dia menyogok sipir untuk itu.

Red-dan-Andy-Dufresne
Red dan Andy

Karena kejeniusan Andy, kepala penjara, Warden Norton mempercayakan semua urusan keuangan penjara kepada Andy. Andy melakukan semua perintahnya dengan baik. Karena jasa Andy, penjara mendapatkan banyak bantuan finansial dan non finansial dari luar. Hasilnya berupa buku-buku, piringan hitam, juga uang untuk pendanaan penjara.

Semakin lama, semakin banyak uang yang masuk. Hal ini sejalan dengan rencana Norton untuk menyelewengkan uang itu, dan Andy melakukan perintah dari Norton dengan baik. Norton suka dengan rencana Andy yang menciptakan identitas palsu sebagai akun pemilik uang-uang itu di Bank. Andy menciptakan identitas itu tanpa harus melanggar peraturan pemerintah. Ini adalah spesialisasi Andy.

Warden-Norton,-Kepala-Penjar-Shawshank
Warden Norton

Penjara menerima banyak tahanan baru yang menggantikan tahanan yang selesai masa penahanannya. Tommy (Gill Bellows) adalah salah satunya. Tommy adalah seorang residivis muda. dia sudah sering keluar masuk penjara. Tak lama kemudian Tommy menjadi akrab dengan kelompok Red yang didalamnya juga ada Andy. Pada suatu kesempatan, Tommy bercerita mengenai kenapa dia bisa masuk penjara. Dia menjelaskan semuanya. Tommy penasaran bagaimana bisa orang seperti Andy masuk penjara? Dan tidak lama kemudian Tommy juga tahu kenapa demikian.

Dari cerita tersebut, Tommy merasa ada kejanggalan. Dia pernah satu penjara dengan seseorang yang mengaku membunuh sepasang lovers yang sedang bercinta. Si laki-laki adalah pe golf pro, dan si wanita adalah istri seorang bankir. Andy memastikan cerita itu, dan mendapati bahwa cerita itu benar adanya.

Tommy-dan-Andy-Dufresne
Tommy dan Andy

Emosi Andy sudah tidak tertahankan. Dia sudah beberapa tahun dipenjara, sedangkan dia tidak bersalah. Kali ini Andy berupaya untuk meyakinkan Norton untuk membebaskannya berdasarkan kesaksian Tommy. Norton murka, karena ini bisa merusak rencananya untuk bisa pensiun kaya raya dengan uang hasil penyelewengannya. Tommy kemudian dibunuh oleh sipir suruhan Norton. Semua narapidana tahu kalau kematian Tommy itu janggal. Dan Andy kena sanksi kurungan yang lama dalam ruangan sempit.

Setelah bebas dari sanksi nya, Andy merencanakan sesuatu. Andy memesan tali kepada Red. Red khawatir dengan benda yang dipesan si Andy, dia takut jangan sampai Andy berniat untuk bunuh diri. ternyata tidak demikian.

Andy kembali melakukan perintah Norton dengan baik. Menghitung dan menyimpan uang nya dalam brankas juga menyemir sepatu Norton. Andy kembali kedalam sel nya dengan tidak mendapat kecurigaan dari sipir penjara.

Di malam badai itu Andy menjalankan rencananya. Dia melarikan diri dari penjara. Bagaimana bisa dia melarikan diri dari penjara dengan keamanan yang ketat seperti penjara Shawshank ini? Dia melarikan diri dengan melewati lubang yang dia gali secara diam-diam selama bertahun-tahun didinding selnya. Lubang itu dia tutupi dengan sebuah poster wanita cantik.

Perjuangan Andy melarikan diri tidak mudah, dia harus keluar melalui pipa pembuangan kotoran penjara. Dia harus merangkak dalam pipa berdiameter sempit yang berbau busuk sejauh ratusan meter. Dan Andy memperoleh hasil yang adil. Dia merasakan kebebasannya! Dia telah bebas dari penjara yang sudah puluhan tahun mendekamnya dengan tidak adil.

Kelakuan Norton dan sipir-sipir lainnya dipenjara dibalas oleh Andy. Andy mengambil semua uang di Bank yang sebelumnya dia selewengkan atas perintah Norton. Para bankir tidak curiga, karena semua keterangan yang dibutuhkan mampu dipenuhi Andy. Tidak ada yang tahu kalau Andy adalah seorang narapidana yang melarikan diri dari penjara.

Mendapati bahwa Andy melarikan diri dari penjara, Norton sangat marah. Kawan-kawan Andy diinterogasi satu per satu. Tapi tidak ada yang tahu bagaimana Andy bisa melarikan diri dari penjara. Sampai kemudian Norton tahu kalau selama ini poster yang ada didalam sel Andy menutupi sebuah lubang tempat Andy melarikan diri. Norton sangat bernafsu untuk mendapatkan kembali Andy dan menghukumnya.

Tapi terlambat, Norton lah yang kena batu nya, dia akan ditangkap oleh pihak berwenang karena banyak pelanggaran yang terjadi didalam penjara Shawshank. Andy lah yang berada dibalik itu, dia lah yang membocorkan kepada media mengenai kebobrokan dalam penjara itu. Semua bukti benar, dan Norton sudah tidak dapat mengelak. Norton tidak berhasil ditangkap, dia lebih dulu melakukan bunuh diri dengan menembakkan pistol dari bawah dagu nya hingga tembus keatas kepalanya.

Red-(Morgan-Freeman)
Red

Andy bebas, dan berlayar ke sebuah pulau tak berpenghuni di perairan Pasifik. Dia telah merencanakan semuanya, dan meminta Red untuk menemuinya di pulau tersebut setelah babas. Red menepati janjinya, dia mengikuti petunjuk dari Andy yang dulu diberitahukan Andy sebelum melarikan diri dari penjara. Red tidak sepenuhnya yakin, tapi dia melakukannya.

Keyakinan Red terbayarkan. Dia menemukan Andy di pulau impiannya sedang memperbaiki sebuah perahu. Mereka kembali bertemu. Di pulau itu, tidak akan ada yang mengganggu mereka lagi. Mereka telah bebas dan  damai.

5 thoughts on “Shawshank Redemption, Sebuah Film

  1. Pingback: Kampus Shawshank
  2. n flem pling keren pisan ,penuh perjuangan.!nya wktu terakhir nonton ni flem dh lama tp skrng ga da lg di puter di TV2 saya tunggu trnyata ada di sini ,,!!mksh info nya gan

    1. Sama-sama, Devin
      Ya, film ini penuh perjuangan. Ini memang film lama. Kalo gak salah release nya tahun 1994. Dulu sempat tayang di Indosiar, tapi tengah malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *