Rizqi Fahma and Wife - Bali

Ulang Tahun Pertama Pernikahan Kami

Banyak bersyukur atas kelimpahan rezeki yang kami dapatkan

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT. Hari ini, tanggal 5 Februari 2018, tepat setahun pernikahan saya dengan Nusaiba Adzilla. Ada begitu banyak rezeki yang kami dapatkan setelah menikah, salah satunya adalah kelahiran putra kami pada tanggal 24 November 2017 yang lalu.

Cerita tentang ijab kabul dan resepsi kami tahun lalu

Tahun lalu kami ijab kabul di Bale Dayang Sumbi (GSG) Itenas Bandung pukul 08.00 pagi. Resepsi pernikahan kami juga kami langsungkan pada hari itu juga, pada pukul 11.00-13.00.

Saat itu baru saya rasakan bahwa menjadi mempelai itu rasanya cukup melelahkan, karena harus berdiri menyalami ratusan orang yang datang menyaksikan ijab kabul dan resepsi pernikahan kami pada hari yang sama.

Rizqi Fahma & Nusaiba Adzilla Wedding

Namun, bukan salam-salamannya yang paling melelahkan. Kegiatan foto-fotonya lah yang paling melelahkan bagi saya. Karena harus berpose dengan banyak “gaya” didepan beberapa kamera. Ditambah dengan lokasi yang berbeda-beda.

But, that was OK, though.

Karena foto-foto itu lah yang akan menjadi bukti kenang-kenangan pernikahan kami. Saya juga senang karena bisa berfoto bersama keduabelah pihak keluarga kami, juga teman-teman kami.

Honeymoon di Bali

To be honest, bulan madu (honeymoon) sebenarnya sempat kami hold. Alasannya adalah pertimbangan biaya. Honeymoon tentu saja cukup menguras budget, maka dari itu kami harus mempertimbangkan dengan seksama mengenai rencana itu.

Kami menghabiskan waktu yang cukup lama mempertimbangkan dan memperhitungkan rencana honeymoon ini. Thank God, akhirnya kami memutuskan untuk honeymoon ke Bali.

Tari Kecak Uluwatu Bali Honeymoon

Tari Kecak di Uluwatu

Kami berbulan madu di Bali selama sekitar 4 hari. Beberapa lokasi yang kami kunjungi saat honeymoon di Bali adalah:

  • Pantai Kuta
  • Bedugul
  • Tegallalang
  • Uluwatu
  • Ubud

Semua lokasi tersebut bisa dibilang indah. Bedugul dan Tegallalang menurut saya sangat worth it untuk dikunjungi ketika liburan/ honeymoon di Bali. Tari kecak di Uluwatu juga sangat menarik untuk disaksikan.

Selama di Bali, kami juga menginap di beberapa hotel berikut ini:

  • Fave Hotel (Kuta)
  • Puri Padma Hotel (Ubud)

Kedua hotel tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Menurut kami, untuk pilihan hotel di Kuta, Fave Hotel adalah pilihan yang sangat cocok. Sewa hotelnya cukup terjangkau, dan yang paling menarik adalah banyaknya pilihan makanan halal yang surprisingly dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Makanan dan minumannya pun juga enak dan bersih.

Selama bepergian di beberapa lokasi yang berbeda di Bali, kami menggunakan jasa rental murah. Harga sewanya sekitar 400-500 ribu (sudah termasuk dengan jasa driver dan BBM). Mobilnya adalah Suzuki APV dan Toyota Avanza.

Kehamilan istri

Perihal kehamilan juga tentunya menjadi hal yang selalu kami diskusikan. Apakah kami ingin menunda kehamilan sambil menunggu saya mendapatkan pekerjaan tetap (waktu itu saya dan istri saya masih fresh grad dari Belanda), ataukah kami langsung melakukan program hamil saja, tanpa harus menunggu lama.

Rizqi Fahma dan Istri

Bersama Isteri

Perkara rejeki itu sudah ada yang atur. Yakin saja bahwa Allah melapangkan rezeki umatnya yang telah menikah.

Kami meyakini itu, dan Alhamdulillah kami selalu diberkahi rezeki yang halal yang datang dari arah yang tidak kami sangka-sangka.

Kami memilih untuk tidak menunda kehamilan (istri saya). Alhamdulillah istri saya hamil dua bulan setelah kami menikah.

Pekerjaan di bulan-bulan pertama setelah menikah

Beberapa bulan pertama kami menikah, saya belum memiliki pekerjaan tetap. Syukurlah kami diizinkan tinggal bersama orang tua istri saya. Sehingga kami tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk tempat tinggal.

Untuk keperluan tambahan, kami menggunakan tabungan berdua. Alhamdulillah, masih ada sisa tabungan dari beasiswa LPDP yang saya dapatkan saat saya kuliah di Belanda. Keluarga dan teman-teman kami juga cukup banyak memberikan hadiah yang bisa kami gunakan saat awal-awal pernikahan.

Rizqi Fahma and his wife

Dengan Isteri

Saya dan istri saya juga berwirausaha yang Alhamdulillah bisa memberikan tambahan untuk keperluan sehari-hari kami.

Selama beberapa bulan saya juga sempat join di project mertua saya. Projects perencanaan wilayah dan beberapa presentasi yang saya lakukan bersama Bapak Mertua saya juga lumayan membantu selama awal-awal pernikahan kami.

Diterima di PT Telkom Indonesia

Salah satu rezeki yang juga kami syukuri adalah lulusnya saya di Telkom. Setelah mendaftar beberapa pekerjaan, akhirnya saya diterima di Telkom. Sempat menjalani proses seleksi yang totalnya sekitar 3 bulan, pengumuman lulus saya terima di bulan September, sebelum memasuki pelatihan GPTP Telkom selama sebulan.

Dikaruniai anak

Ditengah masa OJT 1 saya di Malang, saya mendapatkan kabar gembira bahwa istri saya melahirkan. Cukup hectic juga waktu itu, karena kegiatan OJT itu sendiri adalah kewajiban yang harus dilaksanakan sebelum menjadi karyawan tetap Telkom, dan lokasi OJT 1 saya juga sangat jauh dari Bandung.

Aqiqah Me, My Wife, and My Son

Aqiqah anak kami

Alhamdulillah manager tempat saya OJT 1 di Malang memberikan saya izin untuk balik ke Bandung. Saya sangat bersyukur karena kelahiran anak saya berjalan lancar dengan operasi caesar. Saya juga sangat berterima kasih kepada keluarga istri saya yang membantu selama masa persalinan.

Ups and Downs selama menikah

Semua pasangan yang telah menikah tentunya pernah merasakan jatuh bangun saat berumahtangga. Tidak terkecuali dengan kami.

Alhamdulillah selama ini kami dapat menghadapi semua ujian dan cobaan dengan sangat baik. Rumah tangga kami tetap rukun dan bahagia, terlebih dengan diberkahinya kami seorang putra yang chubby dan ceria selalu.

Stage Improvement

Make it better

Pesan kami

Jika rekan-rekan membaca tulisan saya dari awal sampai akhir, kalian bisa melihat bahwa ditahun pertama pernikahan kami ada banyak hal yang telah kami lewati. Terutama dalam hal pekerjaan.

Jangan menjadikan status tidak/ belum memiliki pekerjaan menghambat niat baik untuk menikah. Yakin saja bahwa Allah melapangkan rezeki umatnya yang menikah. Selama kita berikhtiar mencari rezeki yang halal, Insha Allah, Allah akan memberkahi kita dengan rezeki, yang datangnya dari arah yang tidak disangka-sangka.

Do’a kami

Semoga pernikahan kami terus diberkahi oleh Allah. Semoga pernikahan kami tetap sakinah, mawaddah, dan warohmah. Semoga kami dan keluarga kami tetap diberikan kesehatan dan kekuatan menghadapi segala cobaan. Amin.

Kami juga mendoakan kalian

Bagi yang masih galau ingin menikah, namun belum menemukan calon yang tepat, kami mendoakan supaya disegerakan jodohnya. Semoga prosesnya dilancarkan oleh Allah. Amin.

Semoga pernikahan rekan-rekan sekalian juga terus diberkahi oleh Allah. Semoga pernikahannya tetap sakinah, mawaddah, dan warohmah. Semoga kalian dan keluarga kalian tetap diberikan kesehatan dan kekuatan menghadapi segala cobaan. Amin.

Salam dari kami sekeluarga.

17

6 Responses

  1. Fasya
    February 6, 2018
    • Rizqi Fahma
      February 6, 2018
  2. Ami Jasmine
    February 6, 2018
  3. deddyhuang.com
    February 17, 2018

Write a response

%d bloggers like this: