Sharing Pengalaman?

Kemarin sore saya sempat mengisi kegiatan sharing pengalaman bersama teman-teman mahasiswa di Program Studi Teknik Pengembangan Wilayah dan Kota Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini sebenarnya tidak pernah saya rencanakan sebelumnya, namun beberapa hari yang lalu ketika menghadiri acara buka puasa bersama adik-adik angkatan 2013, saya diminta oleh dosen untuk membagikan pengalaman saya kepada mereka, mumpung masih ada di Makassar.

Saya sempat merasa canggung awalnya ketika diminta oleh dosen untuk melakukan kegiatan tersebut tiga hari yang lalu karena saya tidak punya persiapan apapun saat itu. Tapi kemudian saya berpikir, kenapa tidak berbagi pengalaman dengan teman-teman yang masih kuliah, paling tidak ada sedikit pengalaman berharga yang pernah saya alami yang bisa menjadi inspirasi bagi mereka. Lagian, bisa dibilang kalau ini juga sebagai salah satu kontribusi untuk almamater saya.

Jadi, begitu lah tiga hari yang lalu saya tiba-tiba diminta untuk memberikan sharing pengalaman, dan dua hari setelahnya saya presentasi didepan adik-adik mahasiswa. Untungnya presentasi seperti ini sudah pernah saya lakukan hampir setahun yang lalu, di TEST-English School sebelum saya berangkat ke Belanda. Sehingga saya tidak terlalu kesulitan lagi memikirkan materi apa yang akan saya bawakan. Hanya saja saya harus membuat presentasi baru yang berbeda dengan yang pernah saya berikan sebelumnya, dari segi design.

Pengalaman yang saya share kemarin adalah tentang bagaimana saya bisa mendapatkan beasiswa ke Belanda (LPDP) dan pengalaman saya berkuliah di Belanda. Saya sangat senang dengan antusiasme teman-teman yang menghadiri kegiatan tersebut, walaupun jumlahnya tidak banyak. Tapi, setidaknya pesan yang coba saya sampaikan diterima oleh mereka.

Saat ini saya masih dalam periode fieldwork/ pengumpulan data untuk tesis saya, dan kurang dari dua minggu lagi saya akan kembali ke Belanda. Kegiatan seperti sharing bersama, yang walaupun tidak pernah saya rencanakan sebelumnya ini saya pikir juga cukup bermanfaat bagi saya, sehingga waktu beberapa minggu di Indonesia ini juga terisi dengan kegiatan yang bermanfaat selain pengumpulan data dan ibadah bulan suci ramadan.

Mudah-mudahan apa yang kemarin saya sampaikan dalam kegiatan tersebut bermanfaat dan bisa menginspirasi adik-adik yang masih kuliah, sehingga kedepannya akan semakin banyak orang yang berbuat baik untuk kita semua.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *